Kamis, 19 September 2019


Kegiatan Disambut Antusias oleh Masyarakat Kecamatan Pemangkat

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 172
Kegiatan Disambut Antusias oleh Masyarakat Kecamatan Pemangkat

FOTO BERSAMA - Komunitas Kampung Wisata dan Pengurus Masjid At-Taqwa Pemangkat foto bersama, usai menggelar Pasar Ramadan 2019.

Indonesia sebagai negara dengan mayoritas muslim memiliki berbagai tradisi jelang maupun saat Ramadan. Tradisi-tradisi ini bisa ditemui di hampir semua penjuru Tanah Air. 

Biasanya masyarakat menggelar acara-acara di bulan puasa dengan sangat meriah. Walaupun caranya berbeda-beda, namun tradisi di bulan Ramadan ini memiliki semangat yang sama. 

Sebagai contoh yang dilakukan oleh Komunitas Kampung Wisata. Bekerjasama dengan pengurus Masjid At-Taqwa Pemangkat, mereka sukses menggelar Pasar Ramadan, pada minggu lalu.

Untuk diketahui, Pasar Ramadan 2019 ini, baru pertama kalinya digelar di Halaman Masjid At-Taqwa Pemangkat, dan mendapat respon positif dari masyarakat.

Sebelumnya Komunitas Kampung Wisata sukses melaksanakan kegiatan (Pasar Pagi Pemangkat) yang dilaksanakan bulan April lalu. Kegiatan tersebut juga dibanjiri oleh ratusan masyarakat Kecamatan Pemangkat. 

Bahkan, pada kegiatan tersebut, turut dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Ketua DPRD Kabupaten Sambas, Camat dan Kepala Desa.

“Melihat antusias masyarakat dalam kegiatan Pasar Ramadan tahun ini tinggi. Maka, Insa Allah tahun depan akan kami adakan kembali, tentunya dengan konsep yang lebih matang dari tahun ini," ungkap Agung, Ketua Panitia, Senin (20/5).

Dalam Pasar Ramadan kali ini, Komunitas Kampung Wisata tidak hanya menawarkan stan kuliner untuk berbuka puasa, tetapi juga mengadakan lomba untuk anak-anak SD se-Kecamatan Pemangkat, seperti lomba mewarnai, kaligrafi, pildacil, adzan dan hafalan surah pendek. 

“Ada sekitar seratusan peserta yang mendaftar, karena kita juga mengadakan beberapa lomba untuk anak-anak tingkat SD se-Kecamatan Pemangkat," ujarnya.

"Seluruh rangkaian kegiatan Pasar Ramadan 2019 telah kita laksanakan. Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja tanpa lelah setiap harinya, serta pihak-pihak sekolah yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan acara Pasar Ramadan tahun ini," sambung Agung.

Ucapan terimakasih juga disampaikan panitia kepada pengurus Masjid At-Taqwa Pemangkat, Bapak Urai Tajudin sekaligus Sekda Sambas yang telah banyak membantu dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Alhamdulilah sukses. Penutupan kita sengaja mengundang seluruh peserta dan koordinator dari sekolah masing-masing, pembagian hadiah sekaligus buka bersama,” tutur Agung.

Al Muzafir selaku Ketua Komunitas Kampong Wisata sekaligus Alumni dari Ikmas Yogyakarta menambahkan, kegiatan lomba berjalan dengan lancar, antusiasme peserta sangat luar biasa.

“Mungkin kegiatan tahun depan, yang menjadi bahan evaluasi kami untuk stan bazarnya, karena kami tidak mencapai target. Insa Allah tahun depan akan kami perbaiki,” ungkapnya.

“Yang jelas kami minta dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Sambas, semoga tahun depan kami bisa berkerjasama dengan pemerintah,” pungkasnya. (nurhadi/bob)