Atbah Komitmen Pertahankan Opini WTP

Sambas

Editor elgiants Dibaca : 66

Atbah Komitmen Pertahankan Opini WTP
Raih WTP – Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menerima hasil laporan keuangan Pemkab Sambas yang mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Perwakilan Kalbar.
SAMBAS, SP- Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili berkomitmen memperbaiki laporan keuangan meski Sambas mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Insyaallah ke depannya laporan keuangan kita akan semakin dimantapkan," katanya, Selasa (11/6)

Salah satu perbaikan yang akan dilakukan, kata Atbah dengan cara menyelesaikan laporan keuangan setiap bulan. Metode ini telah disampaikan Atbah ke Badan Keuangan Daerah Sambas. 

“Saya juga sudah sampaikan ke camat, kepala desa dan dinas. Saya tidak mau laporan Juli dikerjakan September, saya tekankan diselesaikan dalam sebulan," tegasnya.

Atbah juga ingin pengelolaan keuangan Pemkab Sambas didampingi akuntan yang dididik melalui Bimtek oleh BPK.

"Insyaallah keuangan kita akan lebih baik lagi, sehingga akhir tahun sudah siap, tinggal perbaiki dan dilengkapi, jika ada kekurangan disempurnakan. Kita juga tetap berkomunikasi meminta arahan dari BPK RI," ungkapnya.

Kepada masyarakat Sambas, Atbah menerangkan bahwa penilaian WTP yang diraih merupakan merupakan hasil penilaian yang diberikan BPK kepada lembaga, badan dan institusi yang memiliki laporan keuangan yang sesuai dengan akuntansi keuangan negara.

"Jika kita mendapatkan WTP, maka laporan keuangan kita sudah baik atau sesuai dengan pelaporan yang diinginkan BPK," terangnya.

Predikat WTP yang diraih disampaikan Atbah berkat kerja keras semua pihak yang ada di lingkungan pemerintah Sambas.
"Semuanya berkat kerja sama seluruh masyarakat Sambas, semoga berkah buat kita," pungkasnya 

Sebelumnya Sekertaris daerah (Sekda) Sambas, Uray Tajudin mengatkan akan selalu mengawasi setiap OPD dalam penataan dan pengelolaan aset di setiap OPD di Sambas. 

"Kita inginkan nilai bisa dipertahankan, maka terkait aset sangat perlu dilakukan penataan," katanya.

Salam upaya mencapai WTP Pemkab Sambas juga telah melakukan upaya dengan membentuk tim penilaian percepatan penertiban aset.  

"Salah satu langkah yang kita lakukan kemarin yaitu semua OPD harus menampilkan satu persatu kemajuan mereka hingga 100 persen, ini berkat ada tim penilaian percepatan penertiban aset," jelasnya.

Pencapaian tersebut dinilai merupakan salah satu langkah baik Pemkab Sambas sehingga mendapatkan penilaian WTP dari BPK. (noi/jee)