Kamis, 12 Desember 2019


Bakti Sosial dan Karya Bakti HUT ke-61 Kodam XII/Tpr Dukung Percepatan Desa Mandiri di Kalbar

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 151
Bakti Sosial dan Karya Bakti HUT ke-61 Kodam XII/Tpr Dukung Percepatan Desa Mandiri di Kalbar

Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Herman Asaribab, Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji dan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, meninjau pelaksanaan Karya Bakti, berupa pembuatan Sumur Bor di Desa Nibung Kecamatan Paloh, Kabupate

SAMBAS, SP - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Herman Asaribab, Gubernur Kalimantan Barat, H Sutarmidji dan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, meninjau pelaksanaan Karya Bakti, berupa pembuatan Sumur Bor di Desa Nibung Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Selasa (16/7/2019).  

Demikian disampaikan Kapendam XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos dalam rilisnya.  

Dikatakannya, Karya Bakti pembuatan Sumur Bor di Desa Nibung, merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan Kodam XII/Tpr dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-61 tahun.  

"Pembuatan sumur bor ini adalah untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih khususnya bagi masyarakat di perbatasan," ujar Kapendam XII/Tpr.  

Disampaikan Kapendam XII/Tpr, pembuatan Sumur Bor yang dilakukan oleh para prajurit Kodam XII/Tpr dengan menggunakan mesin waterwell drilling dando 6000 adalah juga untuk mendukung terwujudnya 63 desa sebagai desa mandiri di tahun 2019 yang merupakan program prioritas Gubernur Kalbar.  

Sedangkan untuk Kabupaten Sambas, ada 5 desa yang menjadi target diantaranya Desa Nibung, Desa Kaliau, Desa Sebunga, Desa Sakura dan Desa Tebas Kuala.  

"Sumur inilah salah satu wujud dan bukti di 61 tahun pengabdian kami, semoga sumur bor nantinya bermanfaat bagi masyarakat di perbatasan," papar Kolonel Inf Aulia.  

Lanjutnya menyampaikan, selain meninjau pembuatan sumur bor, Pangdam XII/Tpr serta rombongan juga meninjau pembuatan Posyandu dan pembangunan TK dilanjutkan dengan meninjau Puskesmas Kecamatan Paloh.  

Demikian pula pemerataan layanan pada Masyarakat, Kodam XII/Tpr yang memperingatai HUT ke-61, menjadikan masyarakat perbatasan sebagai objek Bakti Sosialnya. Baksos ini dipusatkan di perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.  

Kegiatan ini diikuti ribuan masyarakat perbatasan, tidak hanya dari Desa Temajuk tetapi juga dari desa-desa sekitar perbatasan.  

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Herman Asaribab, didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, Ny. Mudi Herman Asaribab.  

Selain itu juga dihadiri oleh Danlanud Supadio, Marsma TNI Palito Sitorus, Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Bambang Trisnohadi dan Wadanlantamal XII/Pontianak, Kolonel Mar Bambang Hadi Suseno serta para tamu undangan lainya.  

Pada usia ke-61 tahun pengabdianya, Kodam XII/Tpr melaksanakan bakti sosial dengan menggelar pengobatan massal, pelayanan KB dan pembagian sembako kepada masyarakat perbatasan.

Selain  itu juga digelar demonstrasi alat pemadam kebakaran dari Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura serta panggung hiburan untuk masyarakat.  

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr meninjau kegiatan bakti sosial dan memberikan secara simbolis bantuan paket sembako kepada masyarakat.  

Di tengah acara Pangdam XII/Tpr juga melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Kemenkumham terkait dengan perbantuan personel Kodam XII/Tpr dalam pengamanan Lapas dan dengan BPOM Kalbar terkait kerjasama dalam pengawasan obat dan makanan di perbatasan.  

Saat memberikan sambutan, Pangdam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab menyampaikan, Baksos yang digelar tersebut merupakan bentuk perwujudan syukur kepada Tuhan atas terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan rakyat.  

Serta merupakan salah satu wujud sinergitas antara Kodam XII/Tp dengan Pemerintah Daerah, Polri dan para Akademisi yang ada di wilayah Kalbar yang terjalin dengan baik, sehingga hal ini tentunya perlu di contoh dan di ikuti oleh jajaran sampai ke tingkat bawah.  

"Kegiatan bakti sosial di daerah perbatasan merupakan contoh nyata dalam hal pemerataan pelayanan terhadap masyarakat, serta kegiatan ini juga dilakukan guna mendukung serta membantu program percepatan Desa Mandiri yang telah dicanangkan oleh Gubernur Kalbar," ujar Pangdam XII/Tpr. (mul/*)