Atbah Lepas 313 CJH Sambas

Sambas

Editor elgiants Dibaca : 137

Atbah Lepas 313 CJH Sambas
Lepas Keberangkatan – Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili saat melepas keberangkatan 313 CJH Sambas di Masjid Attaqwa Pemangkat, Rabu (17/7). Atbah meminta para jemaah mendoakan keberkahan untuk Sambas.
SAMBAS, SP - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili melepas 313 calon jemaah haji (CJH) Sambas di Masjid Attaqwa Pemangkat, Rabu (17/7). Kepada para jamaah, Atbah meminta mereka agar mendoakan keberkahan untuk Sambas.

"Jangan lupa mendoakan kami, doakan kami yang baik-baik. Doa untuk bupati, wakil bupati dan semuanya supaya kami memimpin dengan baik agar keberkahan selalu ada di Sambas," ujar Atbah.

Menurut Atbah, jika seseorang telah melaksanakan ibadah haji jamaah, maka orang tersebut diibaratkan seperti bayi yang baru lahir. Suci tanpa dosa.

Atbah juga berpesan kepada jamaah haji untuk selalu menjaga sikap dan tutur kata selama melaksanakan ibadah haji. 

"Karena ini ibadah, jangan berkata jorok jangan berkata fasik berbuat dosa, jangan itu. Miliki kesabaran, jamaah harus punya sabar maksimal. Sabar luar biasa harus ada dihati kita. Kami berdoa, semoga diberikan kemudahan di tanah suci, menjadi haji mabrur dan menjadi lebih baik," harap Atbah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Sambas, Sipni mengemukakan jika keberangkatan CJH Sambas dari Pemangkat tidak ada hubungan politik atau lainnya. Kebarangkatan mereka dari Pemangkat dimaksudkan untuk mempermudah.

"Dengan diberangkatkan dari Pemangkat, diharapkan agar para jamaah lebih cepat sampai dan bisa segera beristirahat di asrama haji Pontianak," katanya. 

Lewat pemberangkatan di Pemangkat, menurut Sipni dapat melaksanakan Shalat Zhuhur di Mempawah, sehingga sebelum masuk waktu Magrib sudah tiba. 

"Kita tidak mau seperti tahun sebelumnya, jamaah haji kita tiba di Pontianak hampir masuk waktu Magrib saat diberangkatkan dari Sambas. Jika awal tiba diasrama haji, mereka bisa istirahat di sana, " jelasnya. 

Jumlah CJH yang berangkat pada gelombang pertama sebanyak 313 jamaah dan terdiri dari tujuh rombongan. "Jamaah dari Pemangkat langsung ke asrama haji, dan besok berangkat ke Batam. Kemudian 19 Juli mereka diberangkatkan ke Madinah," katanya. (noi/jee)