Jumat, 06 Desember 2019


Lelang Jabatan Sekda Mulai Dibuka

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 270
Lelang Jabatan Sekda Mulai Dibuka

Ilustrasi

SAMBAS, SP –Pemkab Sambas telah membantuk panitia seleksi dan menyiapkan asseor untuk proses lelang jabatan Sekertaris Daerah (Sekda) Sambas.
 
"Sudah dimulai pembentukan pansel dan asessor, keduanya sudah mulai bekerja dan semua ini kita komunikasikan dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Ini yang penting," kata Bupati Sambas, Atbah, Senin (22/7).

Atbah meyakinkan, proses lelang jabatan atau open bidding Sekda tidak boleh dilakukan serampangan, semua harus sesuai aturan.

"Kita tidak bergerak kecuali dengan izin KASN dan kita selalu memberikan informasi benar tentang semua proses, perkembangan dan rekomendasi dari KASN yang kita pegang," ungkapnya.

Apabila proses open bidding belum selesai hingga masa pensiun Sekda pada 1 September 2019 bisa saja Pemkab Sambas menunjuk pelaksana harian.

"Kita harap prosesnya cepat sehingga sebelum Sekda pensiun, penggantinya sudah ada," tutur Atbah.

Atbah berharap, siapapun yang nanti terpilih menjadi Sekda Sambas, figur tersebut mampu menerjemahkan dan mengaplikasikan keinginannya sebagai kepala daerah.

“Kita punya visi misi dan RPJMD. Delapan fokus pembangunan ini harus sudah dipahami oleh Sekda yang baru nanti, sehingga betul-betul terkawal dan diaplikasikan," tegasnya.

Kejari Sambas, Ichwan Efendi berharap open bidding Sekda Sambas bisa berjalan objektif dan berdasarkan penilaian Tim Pansel.

"Harus sesuai penilaian. Sekda harus punya wawasan yang luas, sebab jabatan tersebut sebagai pemikir untuk membawa Sambas lebih baik ke depannya,” tegas dia.
 
Seorang Sekda, lanjut Uchwan juga dituntut dapat bekerja sama dengan Bupati dan Wakil Bupati Sambas, terpenting Sekda harus mempunyai akses yang baik di tingkat provinsi dan pusat, sehingga bisa memperjuangkan anggaran provinsi dan pusat untuk pembangunan Sambas.

Dengan itu, segala pembangunan di Sambas dengan anggaran daerah ditambah anggaran provinsi dan pusat akan semakin banyak secara kuantitasnya, namun kualitas juga harus ditingkatkan.

“Kemudian Sekda juga harus punya komunikasi baik dengan ASN dan semua masyarakat, serta mengerti keinginan kepala daerah dalam membangun Sambas," tutupnya. (noi/jee)