Sabtu, 19 Oktober 2019


Keahlian Bekerja Masyarakat Terus Ditingkatkan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 59
Keahlian Bekerja Masyarakat Terus Ditingkatkan

TATA RIAS – Kabag Pemberdayaan Masyarakat Sekda Sambas, Satono saat menghadiri penutupan pelatihan tata rias di Balai Latihan Tenaga Kerja, Rabu (18/9).

SAMBAS, SP – Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat Sekda Sambas, Satono mengatakan, Pemkab Sambas melalui Dinas Tenaga Kerja rutin memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk meningkatkan keahlian bekerja. Salah satu pelatihan yang diberikan ke masyarakat adalah tat arias pengantin.

"Hari saja saya menutup pelatihan tata rias pengantin untuk masyarakat Sambas di Balai Latihan Tenaga Kerja yang selama sepuluh hari dilaksanakan," katanya, Rabu (18/9)

Tak hanya tata rias pengantin, berbagai pelatihan juga diberikan kepada masyarakat Sambas seperti menjahit, kursus komputer dan perbengkelan.

"Dua bulan lalu ketika saya masih menjabat Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, saya mengirim 20 peserta ikut pelatihan selama sebulan di Bandung untuk jurusan otomotif manufaktur dan lain sebagainya," ujarnya.

Dalam waktu dekat lanjut Santono, Pemkab Sambas juga akan kembali mengirim perwakilan masyarakat ke luar daerah untuk pelatihan keterampilan kerja.

“Komunikasi kita dengan pihak luar selama ini  terjalin dengan baik, sehingga kita selalu bisa mengirim masyarakat kita untuk mengikuti pelatihan-pelatihan di luar daerah," jelasnya.

Lewat berbagi  pelatihan yang diikuti, baik di dalam maupun di luar Sambas juga merupakan upaya untuk mempersiapkan generasi Sambas memiliki kemampuan dan keterampilan hidup.

"Kita tidak ingin masyarakat kita bekerja hanya mengandalkan otot, bayangkan sekitar 23 ribu masyarakat Sambas menjadi TKI yang hampir rata-rata pendidikan hanya SMP dan tidak memiliki skill,” ungkapnya. (noi/jee)