Minggu, 20 Oktober 2019


Satgas TMMD ke-106 Langsung Fokus Kegiatan

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 49
Satgas TMMD ke-106 Langsung Fokus Kegiatan

Perwira Pengawas (Pawas) Satgas TMMD ke-106 Kodim 1202/Skw, Kapten Inf Sujarno, memimpin apel Satgas TMMD, Kamis (3/9/2019).

SAMBAS, SP - Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) ke-106 yang diselenggarakan Kodim 1202/Singkawang mulai fokus pada kegiatan. Dimulai dengan apel pagi, yang jadi rutinitas.

Apel ini menandai dimulainya kegiatan Program TMMD ke-106, berupa pengerjaan pembukaan jalan. Warga bersama Anggota Satgas TMMD, melaksanakan apel pagi pada Kamis (3/9/2019).

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyiapan lokasi pembuatan jembatan Desa Mekar Jaya, pembuatan pagar Mushola Ar-Rahman, dan pembuatan penampungan air di Masjid Al-Munawar.

“Apel pagi ini membahas tentang langkah pengerjaan fokus TMMD ke-106. Mulai dari kebutuhan material, peralatan, jumlah anggota dan jadwal gotong-royong warga,” kata Kapten Inf Sujarno.

Menurut Kapten Inf Sujarno, kesiapan anggota juga menjadi hal penting, bahkan langkah yang akan diambil untuk antisipasi juga dijelaskan seperti pelebaran badan jalan.

“Kita bagi kegiatan setiap pos, yang harus laksanakan sesuai perintah. Nanti pembukaan jalan itu diperiksa mana yang rusak dan lobang,” katanya. 

Selain mempersiapkan pelaksanaan pembangunan, Satgas TMMD juga bergotong-royong membersihkan Posko TMMD. Puluhan Satgas bergotong-royong membersihkan lokasi posko, yang ada di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas.

Pembersihan ini bertujuan untuk menjadikan posko sebagai tempat yang representatif. Karena Posko TMMD ke-106 di Desa Mekar Jaya, akan menjadi sentral sejumlah program, dalam rangka mensejahterahkan warga setempat.

“Berbagai program fisik maupun non fisik juga akan dilakukan selama pelaksanaan TMMD, yang dimulai 2-30 Oktober 2019,” lanjut Kapten Inf Sujarno.

Kapten Inf Sujarno, yang menjabat sebagai Danramil 1202-06/Sungai Raya, empat memberikan semangat kepada warga, agar membantu Program TMMD. Ia terus giat mensosialisasikan apa itu TMMD, tujuannya, yang serupa akan kembali hadir bagi masyarakat di desa tertinggal.

Sambil memberikan sosialisasi kepada masyarakat, Kapten Inf Sujarno juga melaksanakan asistensi terhadap sasaran khususnya fisik serta memantau keterlibatan warga sasaran, Desa Mekar Jaya, agar program cepat selesai untuk dapat segera mensejahterakan warga.

Berkolaborasi dengan perangkat desa setempat, Daryadi (53) Kadus Kadai, Baim (48) Kadus Kuayan, Herman (47) Kadus Bantilan, Hamjani (49) Kadus Mensemat, Kapten Inf Sujarno memastikan peran serta warga binaan sehingga maksimal membantu Satgas TMMD Reguler 106 Kodim 1202/Skw.

“Saya juga turun bersilaturahmi ke rumah-rumah warga, sambil memberikan motivasi untuk lebih bersemangat dalam membantu TNI menyelesaikan pekerjaan. Di samping ikut kerja fisik langsung, guna membakar semangat warga Desa Mekar Jaya,” paparnya.

TMMD 106 Kodim 1202/Skw yang telah dibuka secara resmi pada Rabu (2/10) oleh Bupati Sambas, H Atbah Rahim Suhaili, Lc, MH, di Desa Mekar Jaya , Kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas. TMMD ini akan berlangsung hingga 30 Oktober 2019. (mul)