Senin, 14 Oktober 2019


Dansatgas Tinjau Titik Sasaran TMMD ke-106 Kodim 1202/Skw untuk Pastikan Logistik Cukup

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 68
Dansatgas Tinjau Titik Sasaran TMMD ke-106 Kodim 1202/Skw untuk Pastikan Logistik Cukup

Satgas TMMD ke-106 Kodim 1202/Skw bersama masyarakat memasang cerucuk sebagai pondasi jembtana di Desa Mekar Sari, Kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas.

SAMBAS, SP - Komandan satgas (Dansatgas) TMMD ke-106, Letkol Arm Victor JL Lopulalan S.Sos, tidak kenal lelah mendampingi pelaksanaan TMMD ke-106 di Desa Mekar Jaya. Pada Jumat (5/10/2019), Dansatgas meninjau titik sasaran TMMD.

Tidak hanya satu titik sasaran saja, semua titik sasaran dikunjungi oleh Dansatgas TMMD yang juga menjabat Komandan Kodim 1202/Singkawang tersebut. Sekaligus memberi semangat kepada anggotanya untuk tidak kendur dalam menjalankan tugas dan amanah rakyat.

Mengawali peninjauannya, didampingi Kapten Inf Sujarno, yang merupakan Perwira Pengawas (Pawas) TMMD ke-106 di Desa Mekar Jaya, meninjau kegiatan rabat jalan pembuatan pondasi jembatan di Dusun Kadai, Desa Mekar Jaya.

Didampingi  Kapten Inf Sujarno, Dandim berjalan kaki menuju lokasi pembuatan pondasi pangkal jembatan yang berada di Dusun Kadai, Desa Mekar Jaya. Menuju ke lokasi tersebut, memang harus berjalan kaki, mengingat menuju lokasi sasaran tidak bisa dilintasi kendaraan roda 4.

Melihat kondisi alam yang memantang, Letkol Arm Victor J L Lopulalan S. Sos, terus memberikan semangat kepada anggota Satgas TMMD dan warga masyarakat di Dusun Kadai, Desa Mekar Jaya, Kecamantan Sajad, Kabupaten Sambas.

Dansatgas TMMD ke-106 juga sempat memantau penyiapan pangkal pengecoran tiang tendon air Masjid Al Munawwar. Kegiatan ini adalah salah satu fokus pembangunan sarana fisik. pembuatan tiang tendon air di Masjid Al Munawwar, dibuat menggunakan tangki pralsik dan dijapit sudut tiang antara sisi sudut kiri kanannya.

Dalam kegiatan ini antusias warga masyarakat Desa Jirak sangatlah nampak dalam kerja sama dan saling bergotong royong dalam pengerjaanya, dalam sudut tiang tendon akan di cor untuk penyangga tendon, karena tendon air adalah sarana utama dalam pengadaan air di Masjid Al Munawwar yang ada di desa ini.

Warga sangat berharap kepada Satgas TMMD bisa menyelesaikan pembuatan tendon air dalam kegiatan TMMD ke-106 Kodim 1202/Singkawang.

Satgas TMMD Ke 106 Dalam Membangun Jembatan. Kali Ini Pemasangan Cerucuk.

Menurut Pawas TMMD ke-106 Kodim 1202/Skw, Kapten Inf Sujarno, memasuki hari ke tiga pelaksanaan, Jumat (4/10/2019), Satgas TMMD bersama masyarakat Desa Mekar Jaya terus bertempur dengan pekerjaan fisik, yaitu pembukaan Jembatan.

Kapten Inf Sujarno terlihat dengan serius mengawasi satgas TMMD yang sedang melaksanakan pekerjaan membuat pasangan cerucuk disalah satu sungai yang dilewati Jembatan.

“Kontrol terhadap pekerjaan yang dilakukan, sehingga target capaian kerja dapat terpenuhi dengan harapan pekerjaan ini dapat selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan,” kata Kapten Inf Sujarno.

Kemudian, Kapten Inf Sujarno juga menjelaskan pekerjaan fisik yang dilakukan oleh satgas TMMD seperti , pembukaan jalan, penimbunan dan pemasangan kayu cerucuk untuk jembatan.

Lanjut Kapten Inf Sujarno,  Pekerjaan terakhir yakni sangat mengusik Cerucuk. Setelah ditelusuri ternyata cerucuk merupakan istilah pada ilmu konstruksi bangunan.

Cerucuk adalah pondasi yang didesain untuk membangun diatas kondisi tanah yang kurang mendukung dengan kondisi tanah yang kurang stabil dimana elevasi muka air tanah yang cukup tinggi. Pondasi Cerucuk menancapkan kayu sebagai daya dukung tanah. Hampir sama dengan prinsip pondasi pancang.

Itulah yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD Sebelumnya dipasang kayu cerucuk yang menjadi dasar dari kondisi tanah yang merupakan rawa.

Luar biasa, yang dilakukan Satgas TMMD bersama masyarakat Desa Mekar Jaya, dalam mewujudkan Desa Mekar Jaya yang maju, sejahtera dan demokratis. (*)