Senin, 14 Oktober 2019


16 Calon Siap Bertarung di Pilkades

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 26
16 Calon Siap Bertarung di Pilkades

Ilustrasi

SAMBAS, SP - Empat desa di Kecamatan Sajad akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2019. Persiapan tahapan telah dilakukan oleh pemerintahan di Kecamatan Sajad.

 

Empat desa yang akan menggelar Pilkades, kata Camat Sajad, Jumli yakni di Desa Jirak, Desa Beringin, Desa Tengguli dan Desa Mekar Jaya.

 
“Kemarin kami sudah memantau dan mengevaluasi persiapan dan hasilnya sudah cukup baik, tahapan berjalan sesuai jadwal,” katanya, Senin (7/10).


Persiapan titik Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga sudah ditentukan. Sedangkan logistik termasuk surat suara, masih menunggu tahapan berikutnya.

 

Dari empat desa yang menggelar Pilkades, ada 16 calon yang bertarung. Di Desa Jirak terdapat tiga calon, Desa Beringin lima calon, Desa Tengguli empat calon, dan Desa Mekar Jaya empat calon.

Jumli berharap Pilkades nanti berjalan aman dan damai, Kandidat kepala desa juga diminta menciptakan suasana Pilkades yang damai dan harus siap kalah.

“Karena calon lebih dari satu pasti ada yang kalah. Saya harap juga harus siap menerima kekalahan dan yang menang jangan terlalu bangga dan segera persiapkan program pembangunan desa," pintanya.

 

Sementara anggota DPRD Sambas, Lerry Kurniawan Figo berharap kepala desa mestilah personal yang inovatif. Masyarakat dimintanya jeli dalam mendalami rekam jejak dari setiap calon.

"Jangan memilih hanya berdasar kepentingan kelompok dan calon yang transaksional, karena ini akan berdampak luas dan merugikan," tegasnya.

Menurut Lerry banyak calon kepala desa yang transaksional saat mencalonkan diri, sehingga ketika mereka terpilih tidak bisa menjalankan roda pemerintahan.

"Banyak kita temukan kepala desa setelah terpilih mendapatkan mosi tidak percaya oleh warganya, ini karena masyarakat memiliki tidak secara cerdas," jelasnya.

kepala desa yang yang nantinya terpolih diharapkan Figo juga harus komitmen dan konsisten terhadap visi dan misi saat berkampanye.

"Pengelolaan keuangan dalam APBDes juga harus tepat sasaran dan bisa dipertanggungjawabkan, selanjutnya pelayanan kepada masyarakat juga harus maksimal, begitu juga dengan pemberdayaan," pungkasnya. (noi/jee)