Rabu, 11 Desember 2019


IBI Diingatkan Perhatikan Psikologis Bidan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 118
IBI Diingatkan Perhatikan Psikologis Bidan

SAMBUTAN - Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili menyampaikan sambutan di acara HUT IBI ke-68 di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Sabtu (9/11).

SAMBAS, SP -  Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili meminta kepada pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) agar juga memperhatikan psikologis bidan yang bertugas.

"Saya mohon psikologis para bidan juga mendapat perhatian, psikologisnya harus tenang, aman serta patuh terhadap atasan, sehingga melayani ibu hamil pun menjadi tenang dan aman," kata Atbah dalam arahannya saat menghadiri HUT IBI ke-68 di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Sabtu (9/11).

IBI kata Atbah merupakan satu-satunya

wadah para bidan yang mempunyai posisi sangat penting dan strategis dalam pembangunan kesehatan,

yakni menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). 

Atbah mengingatkan, bidan harus memberikan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan pada setiap tahapan pelayanan kesehatan, baik tingkat primer, sekunder dan tersier, serta fokus pada aspek pencegahan maupun promosi yang berlandaskan etika dan kode etik bidan, melalui kemitraan pemberdayaan masyarakat dan pemberdayaan perempuan. 

"Saya berharap bidan juga berperan dalam meningkatkan IPM Sambas, salah satunya dengan peran bidan dalam menekan angka kematian ibu hamil dan  bayi dalam kandungan yang tidak tertolong, serta membangun persepsi pada ibu hamil bahwa melahirkan adalah sesuatu yang menyenangkan dan menggembirakan," pinta Atbah.

Organisasi IBI dan pemerintah, lanjut Atbah adalah mitra kerja yang harus bersinergi untuk membangun daerah dalam hal kemajuan kesehatan masyarakat, oleh karenanya, seluruh bidan yang merupakan anggota IBI agar terus meningkatkan profesionalisme dan memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. 

"Bidan juga diberi amanah untuk menurunkan angka stunting yang ada di Sambas, kita harus fokus menyehatkan masyarakat.  Ketika berbicara SDM Unggul Indonesia Maju maka bidan pun mempunyai peran dalam hal tersebut," sebutnya.

Pembangunan yang dilaksanakan di Pemkab Sambas  menurut Atbah, selain pembangunan

fisik sebagai infrastruktur dasar, juga tidak kalah pentingnya adalah pembangunan di bidang ekonomi,

pendidikan, agama dan kesehatan ibu dan anak yang kesemuanya merupakan upaya guna membangun

keluarga secara utuh dalam lingkup rumah tangga.

"Ke depannya tugas menjadi seorang bidan akan semakin strategis, oleh karenanya jadilah bidan yang profesional sehingga menjadi bidan icon di wilayah masing-masing," pungkas Atbah. (noi/jee)