Sabtu, 18 Januari 2020


Cuaca Ekstrim Robohkan Steigher Paloh

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 68
Cuaca Ekstrim Robohkan Steigher Paloh

Rusak – Steigher di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh roboh yang putus akibat cuaca buruk yang terjadi sejak beberapa waktu lalu. Steigher yang rusak merupakan salah satu spot yang banyak dikunjungi wisatawan. ist

SAMBAS, SP - Akibat cuaca ekstrim steigher dermaga di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh roboh. Camat Paloh, Suhaimi menjelaskan kejadian tersebut terjadi pada Sabtu (7/12). Saat kejadian kata dia, tiupan angin sangat kencang disertai dengan air pasang dan hujan serta gelombang tinggi.

"Ketinggian gelombang bervariatif mulai dari satu meter bahkan lebih, kemungkinan ini yang mengakibatkan streigher tersebut roboh," katanya, Senin (9/12).

Menurut Suhaimi, berdasarkan informasi dari pihak desa setempat, steigher tersebut dibangun pada tahun 2009 dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Kita berharap semoga dalam waktu dekat steigher itu bisa segera diperbaiki agar bisa kembali digunakan," katanya.

Sementara saksi robohnya dermaga atau steigher, Sandra Wijaya mengatakan, kejadian tersebut berlangsung pada pagi hari. Menurut dia dermaga sepanjang 500 meter tersebut patah di bagian tengahnya.

"Panjangnya sekitar 500 meter, lalu akibat cuaca ekstrim kemarin, bagian tengahnya sekitar 100 meter dari jalan utama pinggir pantai roboh selebar dua meter lebih," jelasnya.

Tokoh masyarakat Sambas, Erwin Saputra mengatakan, steigher yang rusak merupakan salah satu ikon pariwisata di Kecamatan Paloh. Erwin juga berharap steigher bisa segera diperbaiki.

"Saran saya supaya dapat segera digunakan kembali sebagai sarana penunjang wisata, bolehlah Pak Kades dan segenap elemen masyarakat bergotong royong melakukan perbaikan," sarannya.

Hal ini kata Erwin layak untuk dilakukan, karena jika menunggu upaya pembangunan dari pemerintah dearah, perbaikan paling cepat dapat dilakukan pada tahun 2021.

"Karena kalau mengharapkan pemerintah daerah memperbaikinya, mungkin baru dapat diusulkan tahun depan untuk dilaksanakan pada 2021, itupun kalau masuk Musrebang Kabupaten. Penguhujung tahun pasti ramai wisman dan wisdom yang datang ke Temajok tersebut," tukasnya. (noi/jee)