Minggu, 19 Januari 2020


Kasus HIV/AIDS di Sambas Terus Meningkat

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 74
Kasus HIV/AIDS di Sambas Terus Meningkat

Cegah HIV/AIDS – Bupati Sambas, atbah Romin Suhaili menandatangani dukungan penanganan HIV/AIDS di Sambas. Penanganan juga diharapkan dukungan dari masyarakat. ist

SAMBAS, SP – Epidemi virus HIV/AIDS di Sambas dari tahun ke tahun semakin meningkat.  Berdasarkan data Dinas Kesehatan Sambas, dari tahun 2000 sampai September 2019 jumlah kumulatif HIV/ AIDS di Sambas sebanyak 466 kasus.  

"HIV/AIDS setiap saat mengancam masyarakat Sambas, siapa saja bisa berisiko tertular, berdasarkan data tentunya ini menjadi momok yang menakutkan dan patut menjadi perhatian kita semua,” kata Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili saat menghadiri Sosialisasi dan Kampanye Peduli HIV/AIDS di Aula Kantor Camat Sajad, Rabu (11/12).

Atbah mengatakan, sebenarnya perkembangan dan penyebaran virus HIV lebih bergerak cepat dibandingkan upaya penanggulangannya. 

"Yang patut menjadi perhatian kita bersama adalah, kasus HIV/ AIDS ini bukan saja terjadi di kalangan komunitas berisiko tinggi, tetapi sudah menular luas ke kelompok yang tidak berisiko," papar dia.

Di antaranya, sebut Atbah di kalangan bayi dan anak yang tertular dari ibunya, ibu rumah tangga yang tertular dari suaminya dan para remaja.

"Sebab itu diperlukan langkah nyata yang sistematis, terkoodinir dan berkelanjutan untuk memutus mata rantai penyebaran virus HIV/ AIDS," tegas Atbah

Bupati berharap seluruh komponen bersama-sama menanggulangi permasalahan HIV/AIDS di Sambas.

"Semoga setelah mengikuti kegiatan ini kita sama-sama memiliki kepedulian yang tinggi terhadap upaya penanggulangan HIV/ AIDS di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat," harap Atbah. (noi/jee)