Minggu, 19 Januari 2020


Petani Sambas Dapat Bantuan Alsintan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 70
Petani Sambas Dapat Bantuan Alsintan

Alsintan – Sejumlah bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian dan Ketahanan Pangan yang telah berada di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sambas. Bantuan akan diserahkan 18 Agustus 2019. suara pemred/nurhadi

SAMBAS, SP - Puluhan unit alat dan mesin pertanian (Alsintan) akan kembali disalurkan kepada petani di Kabupaten Sambas. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sambas, Yayan Kurniawan mengatakan, puluhan Alsintan rencananya disalurkan bulan ini.

"Ada Alsintan yang saat ini sudah ada di kita insaallah akan disalurkan ke penerimanya pada 18 Agustus 2019," kata Yayan, Rabu (11/12).

Bantuan Alsintan tersebut kata Yayan berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dan Ketahanan Pangan yang berupa 28 unit handtraktor, 30 unit handsprayers, 10 unit Cultivator, 10 unit pompa air, 5 unit handtraktor roda empat, 2 unit Combine Harvester. Bantuan tersebut akan dibagikan kepada kelompok-kelompok tani di Sambas.

"Sumber bantuan ini dari Kementerian Pertanian dan Ketahanan Pangan melalui pendanaan APBN," ungkap Yayan.

Sementara anggota DPRD Sambas, Erwin Johana menilai adanya bantuan Altistan harus dibarengi dengan program yang terintegritas.

"Terima kasih pada Pak Daniel Johan yang telah mendorong bantuan Alsintan kepada petani di Sambas, bantuan ini akan mempermudah petani meningkatkan produksi,"katanya.

Erwin Johana meyakinkan, bantuan Alsintan akan sangat bermanfaat bagi petani. Pihaknya juga telah siap menyinergikan program mereka.

"Anggota DPRD Sambas dari PKB telah mencanangkan sinergisitas program untuk menyelaraskan bantuan Alsintan, misalnya melalui bantuan sarana produksi pertanian dan lain-lain," jelasnya.

Erwin berharap perhatian pemerintah pusat terhadap petani di Sambas tidak terputus, dan selalu menempatkan Sambas sebagai daerah prioritas pertanian.

"Kita harap bantuan ini kontinyu seperti sebelumnya, apresiasi kepada Bapak Daniel Johan karena telah berkomitmen besar untuk petani di Sambas,"paparnya.

Erwin juga telah meminta bantuan kepada Komisi IV untuk mendorong penambahan kuota pupuk subsidi di Sambas.

"Kita juga sudah mengadukan ini khususnya ke Bapak Daniel Johan agar memperjuangkan kuota tambahan pupuk subsidi, semoga bisa diterima oleh Kementerian Pertanian," harapnya.

Anggota DPRD Kalbar, Juliarti Djuhardi Alwi yang juga Ketua DPC PKB Sambas juga meyakini bantuan Alsintan akan mendongkrak hasil pertanian Sambas.

"Terima kasih pada Pak Daniel Johan yang telah mendorong bantuan Alsintan ke petani Sambas, semoga petani yang memperoleh bantuan ini bisa memanfaatkan bantuan dengan baik dan meningkatkan produksi pertanian," ungkapnya.

Alsintan yang memadai kata Juliarti, merupakan komponen penting menyukseskan petani selain pupuk dan sarana lainnya.

"Keberadaan Alsintan yang memadai sangat berpengaruh bagi peningkatkan penghasilan, selain itu, kita juga mesti memperhatikan persoalan pasar saat musim panen tiba," tuturnya.

Penerima bantuan, kata Juliarti, juga mesti memahami besarnya perhatian PKB terhadap mereka selama ini. "Saya berharap petani yang sudah dibantu berkomitmen, ibarat pepatah ada ubi ada talas," jelasnya.

Pihaknya, kata Juliarti juga selalu menekankan komitmen untuk selalu memperhatikan dunia pertanian di Sambas.

"Kita komitmen karena saya tahu benar masyarakat Sambas 70 persen ada di pertanian dan komitmen ini mesti dihargai dengan baik oleh para petani," jelasnya.

Seluruh anggota DPRD dari PKB di Sambas, tegas Juliarti selalu ditekankan untuk peduli kepada masyarakat, tak hanya petani namun juga kelompok masyarakat lainnya.

"Kepada semua dewan saya memang instruksikan untuk kerja sama dan kompak. Masing-masing bekerja sesuai ranahnya di komisi, kita tahu masalah yang disampaikan rakyat tidak hanya bidang pertanian, namun sebagian besar hasil reses pasti banyak berkaitan masalah pertanian," tukasnya. (noi/jee)