Calon Haji Asal Sanggau Masuk Daftar Tunggu Hingga Tahun 2032

Sanggau

Editor sutan Dibaca : 1510

Calon Haji Asal Sanggau Masuk  Daftar Tunggu Hingga Tahun 2032
Ilustrasi
SANGGAU, SP -  Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Sanggau, Daljuli  belum bisa memastikan penambahan kuota haji yang saat ini tengah gembar-gembor itu.  Pasalnya, hingga kini belum ada pemberitahuan tertulis dari Kanwil Kemenag Kalbar.

“Namun kita belum tahu soal penambahan sampai saat ini, karena kita belum menerima surat edarannya. Kita berani ngomong kalau sudah ada surat edarannya,” ujarnya.

Daljuli menyebutkan saat ini kuota haji Kabupaten Sanggau masih 83 orang. Lima orang disiapkan sebagai cadangan. "Kemungkinan yang terjadi bukanlah penambahan, tapi pengembalian," katanya.

Seperti diketahui, Pemerintah Saudi Arabia terpaksa memotong kuota haji lantaran sedang merehab Masjidil Haram. “Kuota Sanggau itu awalnya 112 orang. Sedangkan jumlah cadangan biasanya lima persen dari kuota,” ungkapnya.

Dia menyebutkan daftar tunggu (waiting list) di Kemenang Sanggau secara keseluruhan hingga tahun 2032. “Itu kalau dihitung menggunakan kuota saat ini 83 orang,” tuturnya.

Sedangkan untuk penambahan kuota sendiri tergantung jatah yang diberikan pemerintah pusat kepada masing-masing daerah. “Nanti gubernur yang menentukan dalam rapat koordinasi dengan Kemenag Provinsi. Tapi tahun ini masih menggunakan kuota lama,” terangnya.

Daljuli juga mengungkapkan soal kuota tambahan yang merupakan kewenangan pemerintah pusat. Kuota itu biasanya digunakan bagi mereka yang ‘mendesak’ pergi haji.

“Manula biasanya ada kebijakan pemerintah pusat soal kuota tambahan. Tapi dalam arti kita kita juga mengajukan orang-orang yang tertua. Tahun lalu ada tambahan lansia itu hanya satu orang yang lahir tahun 1928,” pungkasnya. (pul/bah)

Baca Juga:
Panwaslu Singkawang Awasi Pemberian Angpau Saat Imlek
Jelang Eksekusi Mati Uncle Ong, Kejari Sanggau Siapkan Dua Lokasi
Kata Menteri Asman Pejabat Sudah Dilantik Dapat Dibatalkan