Daftar Ulang Siswa Tak Boleh Pungut Biaya

Sanggau

Editor Kiwi Dibaca : 755

Daftar Ulang Siswa Tak Boleh Pungut Biaya
ilustrasi
SANGGAU, SP – Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono mengingatkan pihak sekolah agar tidak melakukan pungutan saat daftar ulang siswa maupun Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).  

Ditegaskan bahwa daftar ulang dan PPDB tidak boleh dipungut biaya alias gratis. Jika ada pihak sekolah yang melakukan pungutan, itu sama saja pungutan liar (pungli).
 

“Kalau di luar ketentuan itu pungli. Misalnya apakah sudah disepakati komite sekolah, orangtua murid. Akan ada persoalan jika pihak sekolah melakukan hal-hal seperti itu,” tegas Sudarsono, baru-baru ini.
 

Meski gratis, menurutnya, daftar ulang wajib hukumnya bagi seluruh siswa. Karena dengan begitu pihak sekolah bisa mengetahui apakah siswa yang bersangkutan masih tetap sebagai siswa sekolah tersebut atau tidak.  

“Itu hanya melapor kembali. Meskipun pihak sekolah tentu punya data base setiap siswa. Siapa tahu si siswa tiba-tiba pindah. Kalau tidak ada laporannya, tidak akan tahu. Kalaupun dia mau pindah, tentu untuk mengurus berkas-berkasnya akan memakan waktu,” jelas Sudarsono. (jul
/bah)

Komentar