Selasa, 15 Oktober 2019


Pelaku Penggelapan TBS Milik PT SSS Ditangkap Polisi

Editor:

Kiwi

    |     Pembaca: 854
Pelaku Penggelapan TBS Milik PT SSS Ditangkap Polisi

Tersangka AG

Sanggau, SP – Polisi berhasil menangkap AG (18), supir terduga penggelapan Tandan Buah Sawit (TBS) milik PT SSS seberat 5.696 kilogram. Dalam kasus tersebut, polisi juga mengamankan barang bukti berupa bukti timbangan dari PT SSS, form hasil gredding dan surat pengantar TBS luar.  

Kapolsek Tayan Hilir, IPTU Muhammad Rezky Rizal menceritakan, pada tanggal 9 November 2017 sekitar pukul 11.00 WIB hingga 13.00 WIB, AG memuat TBS di lokasi kebun PT SSS, Dusun Pak Mayam, Kecamatan Ngabang, tepatnya di blok OE 19 hingga OE 21 sebanyak 815 tandan dengan menggunakan 1 unit kendaraan roda enam jenis dump truck KB 9918 LA warna merah.  

Setelah memuat TBS, kata Kapolsek, AG diberi surat pengantar buah segar (spbs) / DTB oleh saksi Juntak untuk melakukan penimbangan di kantor kebun PT SSS. Setelah ditimbang AG langsung membawa TBS tersebut menuju pabrik PT SSS di Dusun Sejotang, Kecamatan Tayan hilir.  

Dalam perjalanan menuju pabrik PT SSS, lanjut Rezky Rizal, tepatnya di Simpang Atel Dusun Batu Besi, Desa Sejotang, Kecamatan Tayan Hilir, AG mengganti SPBS / DTB yang dikeluarkan oleh PT SSS dengan SPBS / DTB yang dikeluarkan oleh Cv. Mitra Makmur Sejati.  

“Setelah itu terlapor langsung mengantarkan TBS tersebut ke Pabrik PT SSS,” jelasnya, Selasa (21/11).   Pada tanggal 10 November 2017 sekitar pukul 07.00 WIB, Kapolsek menambahkan, pelapor membaca email yang dikirimkan kantor pabrik PT SSS ke kantor kebun PT SSS dan di dalam daftar yang dikirimkan tidak terdapat nama AG sehingga pelapor memanggil AG, akan tetapi AG tidak pernah hadir.  

Menurut Rezky Rizal, atas kejadian tersebut pihak PT SSS mengalami kerugian kurang lebih sebesar Rp 9.984.000.   “Dari hasil BAP tersangka mengakui telah melakukan penggelapan TBS milik PT.SSS. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, penyidik melakukan penangkapan terhadap terduga,” pungkasnya. (jul/bob)