Sabtu, 21 September 2019


Baznas Sanggau Gelar Sunatan Massal

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 482
Baznas Sanggau Gelar Sunatan Massal

SUNATAN MASSAL - Kegiatan sunatan massal yang digelar BAZNAS Sanggau, Senin (18/12). Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan dan Pendistribusian Baznas Kabupaten Sanggau, Indra mengatakan, kegiatan ini bertujuan membantu anak-anak dari kalangan kurang mampu agar

Dari Para Muzaki untuk 50 Anak Mustahik 


Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sanggau menggelar sunatan massal, Senin (18/12) pagi. Sunatan massal yang dilaksanakan di Gedung Baznas di Jalan Haji Abbas, Kelurahan Ilir Kota, itu diikuti sedikitnya 50 anak kurang mampu.

SP - Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan dan Pendistribusian Baznas Kabupaten Sanggau, Indra mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin pihaknya setiap tahun. Yang bertujuan membantu anak-anak dari kalangan kurang mampu agar bisa melaksanakan kewajibannya.

“Program sunatan massal ini juga amanah dari para muzaki. Zakat yang mereka keluarkan kami salurkan untuk para mustahik yang membutuhkan. Dan kebetulan saat ini musim liburan sekolah, jadi kesempatan ini tepat untuk kita menggelar sunatan massal,” katanya ditemui di sela-sela kegiatan.

Selain dipergunakan untuk sunatan massal, zakat dari para muzaki juga disalurkan untuk keperluan mustahik. Seperti bantuan fakir miskin kepada 135 mustahik, bantuan bulanan untuk 10 orang fakir miskin dan bulanan untuk dua siswa SLTA kurang mampu, termasuk guru ngaji tradisional.

Kemudian, bedah rumah kepada lima keluarga kurang mampu dan sumbangan untuk korban musibah kebakaran di Sungai Bongkok, Kelurahan Tanjung Kapuas. 

Ada tambahan, beasiswa bulanan untuk 22 siswa, bantuan biaya Sembako bulanan untuk 11 kepala keluarga, dan beasiswa pada 3 orang mahasiswa. Total hampir Rp300 juta sudah disalurkan dalam tahun 2017 ini dengan total penerima manfaat/mustahik 325 jiwa. 

“Itu diantaranya program Baznas yang sudah kita jalankan di tahun ini,” beber Indra.

Atas suksesnya pelaksanaan sunatan massal ini, ia menyampaikan terima kasih kepada sejumlah anggota DPRD Sanggau diantaranya Yulianto dari Hanura, Utin Sri Ayu Supadmi dari PKB, Akmal dari PKPI dan H Samiun (Haji Tel) yang tak lain adalah tokoh masyarakat Sanggau.

“Alhamdulillah, mereka men-support kegiatan kita ini, ada yang nyumbang sarung, makan siang dan lain sebagainya. Kami atas nama Baznas berterimakasih atas bantuan mereka,” tutup Indra. (julianus ratno/ang)