Senin, 23 September 2019


Ini Syarat yang Harus Disiapkan Balon untuk Daftar Pilkada Sanggau

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 429
Ini Syarat yang Harus Disiapkan Balon untuk Daftar Pilkada Sanggau

Lambang KPU RI

SANGGAU, SP – Pendaftaran pasangan bakal calon (balon) peserta Pilkada Sanggau 2018 dimulai pada 8-10 Januari ini. 

Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih menjelaskan sejumlah syarat yang harus dipersiapkan pasangan balon untuk mendaftar.

Sekudus mengatakan, para balon yang akan mendaftar harus menyiapkan syarat pencalonan dan syarat calon.

“Kalau syarat pencalonan ini wajib ada dan sah, seperti misalnya keputusan DPP siapa yang akan diusung, kemudian keputusan koalisi di tingkat kabupaten. Selanjutnya kesepakatan antara calon dengan partai pengusungnya,” terangnya kepada wartawan, Selasa (2/1).

Untuk syarat calon, lanjut Sekudus, wajib disiapkan seperti daftar riwayat hidup, surat pencalonan, surat pernyataan tidak sedang pailit, termasuk kewajiban - kewajiban pajaknya, laporan harta kekayaan. Termasuk legalisir dan foto, itu wajib ada pada saat mendaftar nanti.

“Tanggal 8 - 9, pendaftaran kita buka dari jam 8 pagi sampai dengan jam empat sore, sementara tanggal 10 Januari kita mulai dari jam delapan pagi sampai dengan jam 12 malam,” ujarnya.

Untuk mempermudah sosialisasi, pendaftaran akan diumumkan di berbagai media cetak dan elektronik termasuk di website KPU dan papan pengumuman serta facebook KPU.

Sampai hari ini, baru ada satu pasangan bakal calon yang sudah berkoordinasi dengan KPU 

“Tadi ini barusan kami menerima pasangan PH - YO didampingi partai koalisi untuk berkonsultasi terkait pencalonan, untuk bakal calon yang lain kami masih menunggu dan kami terbuka karena setiap pertemuan selalu didampingi Panwaslu,” tutup Sekundus. (jul)