Perkara PT KGP Tak Dapat Dilanjutkan

Sanggau

Editor K Balasa Dibaca : 397

Perkara PT KGP Tak Dapat Dilanjutkan
Tuntutan petani Desa Pandan Sembuat terhadap PT KGP
SANGGAU, SP - Pengadilan Negeri (PN) Sanggau memberikan penjelasan putusan majelis hakim terkait perkara perdata antara PT KGP dengan 384 petani sawit Desa Pandan Sembuat yang telah diputus majelis hakim yang diketuai oleh hakim I Ketut Somanasa dengan didampingi hakim anggota masing-masing Albanus Asnanto dan John Malvino Seda Noa Wea, Selasa (16/1) lalu. 

Humas PN Sanggau, Albanus mengatakan, majelis hakim memutus perkara tersebut Niet Ontvankelijke Verklaard atau NO. 

Dalam perkara tersebut, terdapat perbedaan pandangan antara anggota majelis hakim. Satu anggota majelis berbeda pendapat dengan dua anggota majelis lainnya. Karena itu, diputuskan dengan suara terbanyak anggota majelis hakim.

Kemudian,  lanjut dia,  satu anggota majelis berpendapat bahwa gugatan dapat dikabulkan sebagian. Sedangkan dua anggota majelis berpendapat bahwa gugatan tidak dapat diterima.

“Jadi memang ada perbedaan pendapat dari satu anggota majelis,” katanya ketika dikonfirmasi, Kamis (18/1).

Menurut Albanus, dalam putusan majelis hakim pada perkara perdata ada tiga yakni dikabulkan, ditolak dan tidak dapat diterima atau NO sebagaimana dimaksud dalam putusan perkara perdata PT KGP dan petani sawit beberapa hari lalu.

“Ada gugatan yang tidak memenuhi syarat formil. Kemudian, antara permohonan dan keinginannya berbeda. Saya kira begitu penjelasan yang bisa saya sampaikan atas nama kelembagaan,” pungkasnya. (jul)