Jumat, 13 Desember 2019


Ini Jumlah Warga Binaan Rutan Sanggau yang Bakal Ikut Pencoblosan

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 490
Ini Jumlah Warga Binaan Rutan Sanggau yang Bakal Ikut Pencoblosan

Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Isnawan. (SP/Julianus)

SANGGAU, SP - Narapidana (Napi) Rutan Kelas IIB Sanggau juga akan ikut memilih pemimpin pada 27 Juni 2018 mendatang. Namun dari 335 warga binaan di Rutan itu, hanya 197 napi yang bisa menggunakan hak suaranya.

“Wajib pemilih yang telah ditetapkan KPU di Rutan Kelas II B Sanggau berjumlah 197 orang. Tidak semua bisa punya hak pilih karena ada yang belum cukup umur, ada yang bukan KTP Sanggau,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Sanggau, Isnawan, Rabu (21/2).

Saat petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) melakukan coklit, dijelaskan dia, berdasarkan data kependudukan real atau KTP sesuai domisili yakni Kabupaten Sanggau.

“Dengan telah selesainya pendataan, kami siap menyukseskan Pilkada yang jujur dan adil untuk melahirkan pemimpin yang berkualitas,” ujar Isnawan.

Ia menambahkan, saat ini penghuni Rutan kelas II B Sanggau berjumlah 335 orang. Dengan rincian 178 narapidana dan 157 tahanan dan jumlah tersebut melebihi kapasitas ruang yakni 211 orang.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih, data tersebut masih bisa berubah. “Nanti kan ada DPS (daftar pemilih sementara), disitu nanti bisa berubah karena di Rutan itu ada yang keluar dan ada yang masuk,” jelasnya.

Berdasarkan Pilkada sebelumnya, lanjut Sekundus, TPS yang disiapkan di Rutan hanya satu dan dengan petugas khusus pula. Untuk bentuk pengamanan akan dilakukan Panwaslu dengan dibantu kepolisian. (jul)