Debat Kandidat Pilkada Sanggau Digelar 5 Mei 2018

Sanggau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 388

Debat Kandidat Pilkada Sanggau Digelar 5 Mei 2018
Ilustrasi. Net
SANGGAU, SP – KPU Kabupaten Sanggau tengah mempersiapkan debat peserta Pilkada Sanggau 2018. Ada tiga lokasi yang masih dipertimbangkan, yakni di Aula Bappeda, Balai Betomu Sangga9 atau GPU dan Gedung DPRD.

Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih mengatakan, jadwal pelaksanaan debat telah ditentukan yakni pada Sabtu, 5 Mei 2018. 

“Sekarang sedang kita persiapkan. Untuk jamnya sama tempatnya belum kita tentukan. Kemungkinan (jam pelaksanaan) pagi, biasanya kalau pagikan masih segar, sementara untuk lokasi ada tiga alternatif,” kata Sekundus, Rabu (4/4).

Sekundus menjelaskan, dalam Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2017 telah dijelaskan definisi debat kandidat, dan sanksi bagi pasangan calon (Paslon) yang menolak mengikuti debat kandidat.

Terkait materi debat, berdasarkan Peraturan KPU terdiri dari visi misi paslon meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah.

Kemudian, visi dan misi paslon melaksanakan pembangunan daerah, menyerasikan pembangunan kabupaten/kota, provinsi dengan pembangunan nasional dan visi misi paslon memperkokoh NKRI. 

“Selain materi itu, nanti ada materi tambahan seputar keluarga berencana,” terangnya.

Disinggung jumlah peserta yang diizinkan masuk dalam arena debat, akan disesuaikan dengan kapasitas dan dekorasi ruangan. 

“Nanti kita bicarakan dengan Paslon. Kita lihat setting ruangannya seperti apa, jumlahnya berapa yang bisa masuk ke acara, karena kita juga akan mengundang pihak lain seperti Forkompimda dan tamu lainnya. Untuk panelis, kita akan mengundang akademisi dari beberapa perguruan tinggi di Kalbar,” ujarnya.

Terpisah, Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Kabupaten Sanggau, Ahmad Zaini memastikan akan melakukan pengawasan debat. “Kita siap melakukan pengawasan sebagaimana Perbawaslu yang mengaturnya,” ucapnya.

Ketua KNPI Kabupaten Sanggau, Sulaiman menilai, debat kandidat itu merupakan bagian penting yang harus diikuti masyarakat. Karena debat yang diselenggarakan KPU itu bisa menjadi salah satu referensi menentukan pilihannya pada 27 Juni 2018.

“Kita berharap masyarakat tidak melewatkan debat ini, karena debat ini bisa menjadi salah satu referensi untuk menentukan pilihan. Masyarakat bisa menilai siapa yang punya konsep terbaik dalam membangun Sanggau,” katanya.

Para paslon, akan diberikan kesempatan untuk menjelakan visi dan misi mereka terkait materi yang sudah ditetapkan KPU. Artinya, debat ini juga menjadi bagian penting bagi kandidat untuk meyakinkan masyarakat melalui visi dan misinya.

“Melalui debat ini, diharapkan masyarakat tidak asal memilih paslon yang akan memimpin daerah tercinta ini. Jadi, sekali lagi jangan sampai melewatkan debat ini. Jangan sampai ibarat membeli kucing dalam karung,” tutupnya. (jul/ang)