Sabtu, 21 September 2019


Pemkab Diminta Inventarisir Aset Daerah

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 443
Pemkab Diminta Inventarisir Aset Daerah

ilustrasi. (Net)

SANGGAU , SP - Wakil Ketua LSM Citra Hanura Kabupaten Sanggau, Abdul Rahim meminta Pemkab Sanggau melakukan pendataan, penataan dan penertiban seluruh aset milik daerah. Hal itu penting dilakukan agar aset daerah yang ada terjaga dengan baik.

“Aset milik daerah baik yang bergerak maupun tidak bergerak harus dilakukan secara transparan. Kita juga minta DPRD untuk mendorong Pemkab melakukan hal itu, sehingga akan jelas jumlah aset yang dimiliki seperti tanah, bangunan dan lainnya,” katanya.

Rahim menilai, sertifikasi SKPD, juga wajib melakukan inventerisasi aset yang ada di masing-masing instansi, kemudian melaporkannya pada bagian aset daerah.

“Sehingga administrasi pembelanjaan modal daerah yang bersumber dari APBD maupun sumber dana lainnya dapat terkelola dengan lebih baik lagi,” ujarnya.

Rahim menambahkan, perlu ditelusuri juga apakah ada barang milik daerah berupa tanah atau bangunan dipinjam pakaikan. Jika ada, apakah sudah memenuhi syarat-syarat pinjam pakai sesuai aturan yang berlaku, sesuai tujuan pinjam pakai dan sebagainya.  

“Tentu kita berharap aset milik daerah dapat dikelola dan dijaga dengan sebaik-baiknya,” tutupnya. (jul/jek)