Kabut Asap Kian Pekat, Warga Sanggau Diminta Waspadai ISPA

Sanggau

Editor Indra W Dibaca : 240

Kabut Asap Kian Pekat, Warga Sanggau Diminta Waspadai ISPA
Kabut Asap terlihat menyelimuti kota Sanggau, Minggu (18/8). ( SP/Jul)
SANGGAU SP - Kemarau panjang disertai pembakaran lahan perlu diwaspadai masyarakat, terutama yang imunitasnya lemah. Pasalnya, salah satu penyakit yang mengintai adalah infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

"Pada kondisi sekarang ini, masyarakat akan mengalami resiko besar terserang ISPA. Sebab, kabut tebal mulai menyelimuti Sanggau, terutama di pagi hari, kata Tokoh Masyarakat Sanggau, Abdul Rahim, Minggu (19/8).

Menurutnya, resiko ancaman dari serangan ISPA harus jadi pertimbangan serius masyarakat. Untuk itu, Rahim mengimbau masyarakat, khususnya pengendara motor agar mengenakan masker saat keluar rumah. 

"Saya juga meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait melakukan sosialisasi secara masif terkait dampak buruk akibat ISPA. Kemudian, pemerintah daerah juga harus memberikan solusi untuk mencegah penyakit itu," ujarnya.

Upaya pencegahan, Rahim menyebut, Dinas Kesehatan harus sudah memikirkan untuk membagikan masker gratis kepada masyarakat. Misalnya turun ke jalan, terutama di titik tertentu untuk membagikan masker itu kepada masyarakat.

"Saya khawatir jika ancaman ini tidak segara disikapi serius pemerintah daerah, akan banyak masyarakat terserang ISPA. Jadi tolong mulainya untuk melakukan langkah-langkah pencegahan sejak dini," harapnya.

Sementara itu, kabut tebal yang menyelumuti kota Sanggau mulai dikeluhkan masyarakat. Salah satunya, Sri, warga Komplek BTN Bunut. 

"Saya tiap pagi olahraga depan kompleks, begitu keluar rumah saya lihat kok putih semua, awalnya saya kira embun, tapi mata pedas kalau kelamaan di luar," katanya.

Senada disampaikan Aldi. Menurut dia, kondisi asap di Kota Sanggau hari ini lebih parah dari hari-hari sebelumnya. 

"Saya kaget juga tadi pas ke luar rumah, kok tebal benar kabut asap hari ini," ucap Aldi.

Baik Sri maupun Aldi berharap persoalan kabut asap ini segera dituntaskan, jangan sampai mengganggu aktifitas warga Sanggau. 

Pemerintah dan aparat harus terus memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar, dan kepada perusahaan yang terindikasi membuka lahan dengan cara dibakar agar ditindak tegas. (jul)