Sanggau Raih 99 Medali di Porprov Kalbar

Sanggau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 206

Sanggau Raih 99 Medali di Porprov Kalbar
Atlet Kabupaten Sanggau.
Sanggau, SP - Sehari menjelang penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Barat, Kontingen Kabupaten Sanggau meraih 99 medali. Penutupan akan berlangsung, Sabtu (24/11).  

“Hingga Kamis (22/11) pukul 11.45 WIB, para atlet sudah menyumbang 99 medali. Terdiri dari 17 emas, 23 perak, dan 59 perunggu,” kata Ketua KONI Kabupaten Sanggau, Ibrahim, Jumat (23/11).  

Perolehan medali itu lanjut dia, diperoleh dari cabang olahraga petanque berupa 4 emas dan 5 perunggu. “Untuk cabang olagraga ini, empat medali emas diraih untuk karegori singel man, triple mix, shooting man, dan triple women. Sedangkan lima medali perunggu diraih untuk kategori singel women, shooting women, triple man, double man, dan double women,” kata Ibrahim.  

Kemudian dari cabang grass track, Sanggau meraih emas dan perak. Medali emas diraih dari kelas GTX 1500cc 4 tak usia 19 tahun beregu, sedangkan medali perak diraih dari kelas GTX 150cc 4 tak usia 19 tahun perorangan.  

Cabang tarung terajat, lanjut Ibrahim, berhasil menyumbang 6 medali. Yakni 1 emas dari kelas 54,1-58 kg, 1 perak dari kelas 64,1-67 kg dan 4 perunggu masing-masing dari kelas 49,1-52 kg, kelas 58,1-61 kg, kelas 80,1 ke atas dan satu kelas lagi yang diraih Syarif Nouval.  

Dari balap sepeda, Sanggau meraih 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Perolehan medali ini diraih dari kelas IRR pemula, ITT pemula dan ITR Criterium.  

“Untuk sepak takraw, kita meraih 1 perak dan 2 perunggu masing-masing untuk kategori double event putri, beregu putra, dan quadrant putra. Kemudian anggar kita meraih 1 perunggu dari kelas beregu putra dan atletik kita meraih 1 perunggu dari kelas lompat tinggi,” kata Ibrahim.  

Olahraga lainnya yang menyumbang medali antara lain tenis lapangan (2 emas dan 2 perak), serta angkat berat dan binaraga (1 emas, 1 perak, dan 2 perunggu). “Taekwondo menyumbang 3 perak dan 1 perunggu, dan biliar 1 perunggu. Kemudian panahan menyumbang 19 medali, yakni 2 emas, 7 perak, dan 10 perunggu. Panjat tebing menyumbang 1 perunggu,” kata Ibrahim.  

Cabor lainnya yang juga ikut menyumbang perolehan medali yakni kempo, judo, tinju, karate, gulat, dan basket. “Kempo kita dapat 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu. Judo 3 perunggu, tinju 3 perunggu, karate 1 emas, 1 perak dan 9 perunggu. Kemudian gulat menyumbang 2 emas, 2 perak dan 13 perunggu. Dan basket kita meraih perunggu dari kategori 5x5 beregu putri,” kata Ibrahim.  

Kepada para atlet yang sudah menyumbangkan medali pada ajang Porprov kali ini, KONI Sanggau memberikan apresiasi. “Tentu hasil dari perjuangan mereka tersebut menjadi suatu kebanggaan dan memberikan nama baik Kabupaten Sanggau.” (jul)