DPRD Sanggau Susun Kembali Alat Kelengkapan Dewan

Sanggau

Editor Admin Dibaca : 215

DPRD Sanggau Susun Kembali Alat Kelengkapan Dewan
SANGGAU, SP - DPRD Kabupaten Sanggau mengawali awal tahun dengan agenda menyusun kembali Alat Kelengkapan Dewan (AKD). 

Menurut Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Sanggau, Burhanuddin, usulan nama dari masing-masing fraksi untuk mengisi AKD sudah ada. 

“Waktu awal tahun, kami sudah melayangkan surat ke masing-masing fraksi. Dari fraksi kemudian mengusulkan nama-nama untuk AKD tersebut,” kata Sekwan, Jumat (11/1).  

Pada 2 Januari lalu, Ketua DPRD Sanggau, Jumadi sudah mengesahkan nama-nama tersebut. “Setelah disahkan itu, nanti akan diumumkan di rapat paripurna pertama. Tapi sekarang sudah sah dan bisa bekerja. Di paripurna itu hanya diumumkan saja,” terangnya. 

Berdasarkan aturan, penyusunan AKD memang dilakukan setiap tahun. Kecuali Badan Kehormatan (BK). “Ini juga kan berkaitan dengan tugas pokok mereka sebagai anggota dewan. Intinya (penyusunan) sudah sesuai dengan keputusan pimpinan dewan,” imbuhnya. 

Dalam penyusunan tersebut, ada yang tetap di komisi sebelumnya, ada pula yang pindah. “Kalau tidak salah saya bu Yulia (Gerindra) dan bu Ayu (PKB) itu pindah komisi,” ujarnya. 

Meski telah disahkan pimpinan DPRD, namun AKD belum bisa sepenuhnya bekarja. Pasalnya Ketua Komisi belum ditetapkan. Rencananya Senin (14/1) digelar rapat penetapannya.

"Karena setelah itu mereka (anggota dewan) mau reses. Untuk paripurna pertama, kita belum tahu kapan akan dilaksanakan. Yang penting susunan AKD sudah sah dan bisa bekerja,” pungkas Sekwan. (jul)