Senin, 23 September 2019


PH Serahkan Sertifikat Tanah untuk Warga Desa Mandong

Editor:

Dede

    |     Pembaca: 146
PH Serahkan Sertifikat Tanah untuk Warga Desa Mandong

ILUSTRASI

SANGGAU, SP - Bupati Sanggau, Paolus Hadi (PH) menyerahkan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun anggaran 2018 untuk warga Desa Mandong, Kecamatan Tayan Hulu,  di Rumah Betang Apet Akap, Selasa (5/3). 

Sebelum memasuki rumah betang, bupati dan rombongan disambut ritual adat Dayak dan dilanjutkan dengan prosesi pancung buluh muda oleh Paolus Hadi.

“Saya berharap penyerahan sertifikat tanah ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para pemilik dan juga dapat mengurangi terjadinya konflik pertanahan. Dengan adanya aset yang dimiliki masyarakat berupa sertifikat tanah tersebut, diharapkan masyarakat mampu memanfaatkan aset tersebut dengan benar,” ujar PH.

Paolus Hadi mengatakan, tanah merupakan salah satu aset yang harus dikelola secara aman, tanpa adanya persengketaan yang bisa saja terjadi.

“Inilah salah satu fungsi dari PTSL (Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). Program nasional ini merupakan wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat,” jelas PH.

Pada kesmepatan itu, Camat Tayan Hulu, Anselmus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau dan BPN Sanggau yang telah meyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat Desa Mandong.

Apalagi, sertifikat ini sudah lama dinanti-nantikan oleh masyarakat. “Secara adat, tanah memang milik mereka, akan tetapi secara hukum mereka juga mengharapkan sertifikat tersebut sebagai bukti hak atas tanah yang mereka miliki diakui oleh negara,” timpalnya.

Anselmus berpesan, setelah sertifikat tersebut diterima jangan gampang menggadaikannya, apalagi diperjual belikan. “Jaga dengan baik sertifikat tanah ini. Jangan dimanfaatkan untuk keperluan-keperluan yang bersifat konsumtif. Gunakanlah dengan bijak,” katanya.

Hadir saat penyerahan sertifikat tanah yang dirangkaikan dengan penyuluhan kegiatan redistribusi tanah obyek reforma agraria ini, Wakil Ketua DPRD Sanggau, Usman, Kabid Penataan Kanwil BPN Provinsi Kalbar, Sigit, Kepala BPN Sanggau, Yuliana, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, Kasdim 1204/Sgu, Mayor Inf Rendra Satrio Wibowo, Kepala BNNK Sanggau, AKBP Ngatiya, Direktur Bank Kalbar, Forkompimda, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Forkompimcam, Kades Mandong, Andreas Dasim, tokoh masyarakat, tokoh adat adat dan tokoh agama. (jul/jek)