206 CPNS Sanggau Terima SK Pengangkatan

Sanggau

Editor elgiants Dibaca : 128

206 CPNS Sanggau Terima SK Pengangkatan
MENYERAHKAN - Sekda Sanggau AL Leysandri menyerahkan SK pengangkatan secara simbolis kepada CPNS yang lulus seleksi tahun 2018, di Ruang Musyawarah Lantai 2 Kantor Bupati Sanggau, Rabu (13/3).
SANGGAU, SP - Sebanyak 206 CPNS formasi umum di lingkungan Pemkab Sanggau yang lulus seleksi tahun 2018 menerima Surat Keputusan (SK) pengangkatan. SK tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sanggau AL Leysandri, di Ruang Musyawarah Lantai 2 Kantor Bupati Sanggau, Rabu (13/3).

Selain menyerahkan SK, kehadiran Sekda sekaligus membuka kegiatan penempatan dan pembekalan bagi para ratusan CPNS itu. “Saya ucapkan selamat dan sukses untuk para CPNS, tunjukkan integritas kalian, dijalani dengan enjoy dan seyuman,” ujar Sekda dalam arahannya.

Ia membeberkan, dari 217 formasi yang ditetapkan pemeirntah pusat, hanya 206 yang dinyatakan lulus seleksi. Dari jumlah itu, hanya 37 peserta yang memenuhi passing grade atau nilai ambang batas, sementara 169 peserta lainnya lulus perangkingan.

Di hadapan ratusan CPNS, Leysandri mengingatkan agar tidak mengajukan pindah selama 10 tahun. “Tunjukkan pakta integritas kalian, harus siap ditempatkan dan bekerja pada formasi yang dipilih minimal selama 10 tahun,” tegasnya. Dalam pelaksanaan tugas, Sekda menyebut, tentu banyak hal yang akan dihadapi di lapangan, baik dari segi lokasi tempat kerja maupun jenis pekerjaan yang akan dilakukan.

Oleh karena itu, ia menekankan kepada para CPNS yang mulai melaksanakan tugasnya agar dapat menyesuaikan diri, selalu belajar dari PNS yang sudah ada, berkerjasama dengan tetap menunjukkan kemampuan dan profesionalisme. “Hal ini perlu saya tekankan, terutama kepada CPNS dari tenaga pendidikan dan kesehatan yang lokasi penempatannya sebagian besar di daerah terpencil.

Kalian harus beradaptasi dengan lingkungan, budaya hidup dan karakteristik masyarakat setempat yang memiliki perbedaan antara daerah yang satu dengan daerah lainnya,” tutur Leysandri. Ia pun meminta agar kegiatan pembekalan yang digelar selama satu hari dapat diikuti dengan sungguh-sungguh oleh seluruh CPNS. “Pada kesempatan ini (kemarin, red) ada pembekalan dan nantinya akan ada diklat dasar.

Ini merupakan persyaratan mutlak bagi CPNS dalam masa percobaan sebelum diangkat menjadi PNS,” pungkas Leysandri. Hadir pada acara ini Asisten Administrasi Umum Setda Sanggau H Joni Irwanto, Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau Herkulanus HP, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dr Jones Siagian.

Hadir pula Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, John Hendri, Sekretaris Bappeda Kabupaten Sanggau Shopiar Juliansyah, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau Maskun Amrin. (jul/jek)

Hak dan Lewajiban Harus Dilakukan

Plt Kepala Badan Kepengawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sanggau, Herkulanus HP mengingatkan kepada seluruh CPNS yang sudah menerima SK dan Nomor Induk Pegawai (NIP) agar mulai bekerja.

Ada 206 CPNS yang menerima SK, terdiri dari tenaga teknis sebanyak 54 orang, tenaga kesehatan 43 orang dan tenaga pendidik 109 orang. “Setelah menerima SK, para CPNS langsung bertugas di unit kerja atau lokasi tugas masing-masing. Karena hari ini kegiatan pembekalan sampai sore, itu artinya besok (hari ini, red) sudah harus mulai bekerja,” ujarnya.

Pembekalan yang dilaksanakan ini, dijelaskan Herkulanus, terkait hak dan kewajiban yang harus dilakukan sejak diangkat menjadi CPNS. Dengan pemateri dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sanggau, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pembekalan dan arahan kepada para CPNS yang nantinya akan segera melaksanakan tugas dan kewajibannya. Mereka akan dievaluasi kinerjanya dan integritasnya sebelum diangkat menjadi PNS,” tutupnya. (ju/jek)

Komentar