Minggu, 15 Desember 2019


Satgas TMMD Sanggau Bekali Warga Metode Tanam Hazton

Editor:

K Balasa

    |     Pembaca: 141
Satgas TMMD Sanggau Bekali Warga Metode Tanam Hazton

Petani tiga desa di Kecamatan Kembayan, Sanggau serius mendengarkan penjelasan soal pertanian dari penyuluh.

SANGGAU, SP - Sebanyak 30 warga mengikuti penyuluhan pertanian metode hazton, Kamis (14/3). Penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan non fisik Satgas TMMD Regtas ke-104 Kodim 1204/Sgu yang dipusatkan di tiga desa di Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau. 

Dalam kegiatan ini, Satgas TMMD menggandeng Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau. Materi penyuluhan disampaikan Penyuluh Pertanian Madya Kecamatan Kembayan, Ismanto.

Pasi Ter Kodim 1204/Sgu, Kapten Inf Eko Prasetyo mengatakan, penyuluhan ini untuk meningkatkan wawasan pengetahuan dan keterampilan para petani desa setempat melalui budidaya metode hazton, khususnya tanaman padi yang unggul dan disarankan oleh Kementan.

Petani juga dibekali pengetahuan cara mengatasi hama, jenis pupuk dan pengetahuan jenis bibit tanaman yang baik untuk ditanam pada daerah di Kalimantan Barat. 

"Selain meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, para petani harus menguasai alat pertanian dan teknologi tepat guna dalam pertanian saat ini," ujar Eko. 

Dengan bertambahnya pengetahuan dan keterampilan para petani, maka diharapkan dapat memberikan peningkatkan pula pada taraf hidupnya. 

"Kita berharap penyuluhan ini bermanfaat bagi para petani, terutama untuk hasil padi yang dihasilkan dapat meningkat guna meningkatkan ekonomi masyarakat. Sehinggau program swasembada pangan terwujud," pungkas Eko.

Hadir dalam penyuluhan ini Babinsa Koramil 1204-05/Noyan Sertu Paul Santosa, Batih Ter Kodim 1204/Sanggau Serka Ikran, dan Sekdes Semayang Yohanes Junaedi. (jul)