Motivasi Pemerintah dan Masyarakat untuk Mengintegrasikan Pemikiran

Sanggau

Editor elgiants Dibaca : 78

Motivasi Pemerintah dan Masyarakat untuk Mengintegrasikan Pemikiran
Penilaian Lomba - Tim Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PJK - KKBPK - Kesehatan tingkat provinsi Kalbar di Aula Kantor PKK kabupaten Sekadau, Selasa (19/3).
Tiga desa di Kecamatan Sekadau Hilir mewakili Kabupaten Sekadau untuk mengikuti lomba Satuan Gerak (Satger) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKK KKBPK)-Kesehatan tingkat Provinsi Kalbar. 

Tiga desa tersebut masing-masing, Desa Tanjung dengan kategori lomba PKK KB-Kes, Selalong, Dusun Kemantan dan Dusun Tapang Muntik dengan kategori PHBS dan LBS dan Merapi dengan kategori lomba Posyandu.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menuturkan, dengan diadakannya penilaian lomba tersebut akan meningkatkan motivasi jajaran pemerintah dan masyarakat untuk lebih dan giat lagi dalam mengintegrasikan pemikiran dan kegiatan pada program PKK-KKBPK dan kesehatan yang ada di Kabupaten Sekadau. Sehingga, tujuan dari lomba tersebut dapat tercapai secara optimal.

“Mengingat pentingnya peran SDM dalam pembangunan, maka keluarga sebagai unit terkecil masyarakat selalu memperoleh pembinaan dan peningkatan dibidang kesejahteraan dan ketahanan dalam memenuhi kebutuhan materi, spiritual dan kebutuhan sosial,” ujar Aloy dalam pembukaan penilaian lomba satuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat Provinsi Kalbar, di Aula Sekretariat PKK Kabupaten Sekadau, Jalan Merdeka Timur, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, Selasa (19/3) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Kabupaten Sekadau, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Pabung Kodim 1204/Sanggau, Kasat Binmas Polres Sekadau, tim penilaian lomba dari provinsi, Forkopimka Sekadau Hilir, SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau dan kepala desa serta pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau.

Menurut Aloy, pemberdayaan keluarga menjadi amat penting. Mengingat saat ini semakin maraknya penyalahgunaan narkoba dan perilaku menyimpang oleh generasi muda. Aloy mengatakan, untuk mengatasi hal tersebut merupakan tanggungjawab bersama.

“Tentunya harus dimulai dari keluarga masing-masing. Disini peran orang tua menjadi sangat penting, yaitu sebagai guru sekaligus sebagai teman baik bagi anak-anaknya,” katanya.

Aloy menambahkan, keberhasilan Kecamatan Sekadau Hilir mewakili Kabupaten Sekadau dalam lomba ini berkat kerja keras dan kersama antar sektor terkait. Pemkab Sekadau, mengapresiasi dan mendorong kegiatan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan agar menjadi lebih baik.

“Saya berharap Sekadau yang diwakili Kecamatan Sekadau Hilir dapat meraih yang terbaik. Walaupun itu semua merupakan wewenang dan diserahkan sepenuhnya kepada tim penilai,” kata dia.

Ia mengatakan, jika nantinya dinyatakan layak mendapatkan penghargaan tentunya harus disyukuri. Bahkan, bila belum mendapatkan kesempatan mendapatkan penghargaan maka segala kekurangan yang ada perlu dibenahi dan tetap melanjutkan berbagai hal positif yang sudah ada.

“Pada dasarnya bukan kemenangan jadi tujuan utamanya. Namun, diharapkan dengan lomba ini jadi momentum untuk memotivasi serta menyempurnakan berbagai program dan kegiatan satuan gerak PKK KKBPK–Kesehatan di Kabupaten Sekadau,” ungkap Aloy. (akhmal/jek)