Lantik 901 Anggota BPD se-Kabupaten Sanggau

Sanggau

Editor elgiants Dibaca : 97

Lantik 901 Anggota BPD se-Kabupaten Sanggau
SAKSI-Prosesi pelantikan 901 anggota BPD se-Kabupaten Sanggau yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Sanggau, Kamis (11/4).
SANGGAU, SP - Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) melantik 901 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) masa bakti 2019-2025. Ratusan anggota BPD yang dilantik secara serentak itu berasal dari 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya, PH menekankan seluruh anggota BPD agar dalam pelaksanaan tugas nanti dapat bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. “Walaupun dalam keadaan gerimis, kita bisa bersama-sama hadir dalam pelantikan, sumpah dan janji anggota BPD se-Kabupaten Sanggau secara serentak,” ujar PH di halaman Kantor Bupati Sanggau, Kamis (11/4).

Bupati dua periode ini juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-Pemdes) Kabupaten Sanggau yang telah melaksanakan kegiatan pelantikan ini.

“Ini mengukir sejarah, yang mana kali pertama dilaksanakan pelantikan anggota BPD se- Kabupaten Sanggau secara serentak. Yang terpenting saya ingin menekankan, yang mana tadi sudah dilakukan pengucapan sumpah dan janji,” tegas PH kembali.

Ia berharap sumpah dan janji yang sudah diucapkan benar-benar dari hati yang tulus sehingga mampu mendorong anggota BPD untuk patuh kepada negara dan ideologi Pancasila serta dapat bekerja dengan maksimal demi kesejahteraan masyarakat diwilayah desa masing-masing.

PH mengingatkan, BPD merupakan mitra kerja pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan desa yang hebat. “Maka dari itu, saya mengimbau agar anggota BPD membantu dan mengawasi pemerintah desa. Sehingga bisa membantu pemerintah daerah, dengan apa yang menjadi keinginan bersama bisa tercapai, karena Sanggau adalah rumah kita,” tuturnya. 

Pada kesempatan itu, Bupati juga menekankan seluruh anggota BPD dan kepala desa agar menjaga netralitas dan bersama-sama mengamankan Pemilu 2019. PH menyatakan dirinya tidak ingin ada keributan-keributan yang terjadi di Kabupaten Sanggau. 

“Saya mengimbau kepada anggota BPD dan para kepala desa agar bisa memastikan orang Sanggau datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya. Jangan sampai ada yang golput, pilihlah sesuai hati nurani masing-masing,” serunya.

Hadir dalam pelantikan ini Ketua Pengadilan Negeri Sanggau Arief Boediono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau H Roni Fauzan, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau Arita Apolina Paolus Hadi, Kepala DPM-Pemdes Kabupaten Sanggau Siron, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPM-Pemdes Alian, kepala OPD Kabupaten Sanggau, Camat dan kepala desa dari 14 Kecamatan serta tamu undangan lainnya. (jul/nak)

Anggota BPD di Kapuas Dilantik Mei

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPM-Pemdes) Kabupaten Sanggau Siron mengatakan, 901 anggota BPD yang dilantik ini berasal dari 142 desa dan 14 kecamatan di Kabupaten Sanggau.

“Pelantikan anggota BPD di 25 desa di Kecamatan Kapuas belum kita laksanakan karena ada beberapa kepala desa yang berakhir masa baktinya di bulan Mei 2019. Jadi, kita rencanakan pelantikan mereka di bulan Mei mendatang,” katanya ditemui usai acara pelantikan yang berlangsung di lapangan Kantor Bupati Sanggau, Kamis (11/4).

Anggota BPD, ditekankan Siron, harus memahami tugas dan fungsinya dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. “BPD harus ikut ambil bagian dalam pembangunan desa. Untuk itu anggota BPD dituntut memaknai tugas dan fungsinya,” harapnya.

Siron juga meminta anggota BPD yang dilantik membangun keharmonisan dengan kepala desa di wilayah masing-masing. “Kerja sama yang baik harus dibangun antara anggota BPD dengan kepala desa dalam menjaga stabilitas pemerintahan. Termasuk dalam pelaksanaan kegiatan program pembangunan desa,” pungkasnya. (jul/nak)