Orang Tua Diminta Perhatikan Jam Belajar Anak

Sanggau

Editor elgiants Dibaca : 230

Orang Tua Diminta Perhatikan Jam Belajar Anak
UJIAN- Siswa tampak sedang mengerjakan soal ujian. Tahun ini sedikitnya 15.471 siswa SMP/MTs dan SD/MI di Kabupaten Sanggau akan mengikuti UN dan USBN yang mulai dilaksanakan Senin 22 April 2019 (NET)
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD akan dimulai, Senin (22/4) hari ini. UN dan USBN ini akan diikuti 15.471 siswa SMP/MTs dan SD/MI di Kabupaten Sanggau.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau Sudarasono, 15.471  peserta ujian itu tersebut terdiri dari 8.328 siswa SD/MI, 3.736 siswa SMP/MTs yang merupakan peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan 3.407 siswa SMP/MTs yang merupakan peserta Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP). 

Mata pelajaran SD/MTs yang akan di ujikan yakni Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia. Sementara SMP/MTs ada empat yakni Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan IPS. 

“Untuk SD/MI ujian dimulai besok (hari ini, red) hingga 24 April 2019. Sementara SMP/MTs juga dimulai besok (hari ini, red) hingga 25 April 2019,” katanya, Minggu (21/4).

Sudarsono menyebut, sekolah penyelenggara USBN SD/MI sebanyak 484 sekolah, tersebar di 15 kecamatan. Sedangkan untuk UNBK diikuti 53 SMP/MTs dan UNKP ada 75 SMP/MTs.

“Memang ada sekolah setingkat SMP/MTs yang belum memiliki komputer, sehingga kita terpaksa menggelar UNKP,” jelasnya.

Pihaknya, lanjut Sudarsono, juga sudah melakukan try out untuk mempersiapkan siswa menghadapi UN. “Kisi-kisinya sudah ada untuk mempermudah mereka. Simulasinya juga sudah kita lakukan,” tuturnya.

Sudarsono yakin pelaksanaan ujian akan berjalan lancar. Ia menyebut, pihaknya sudah menyurati PLN supaya tidak ada pemadaman listrik. “Sudah kita surati PLN, tapi itu tergantung juga server di pusat, kalau server pusat mengalami gangguan kita juga susah, Telkomsel juga sudah kita surati karena inikan online,” tandasnya.

Kepada para orang tua, Sudarsono mengimbau agar memperhatikan jam belajar anak-anaknya yang akan mengikuti UN. “Sementara ini para orang tua harus memantau jam belajar anaknya. Kurangi lagi lah anak-anak kita main game. Fokus pada pelajaran yang akan diujikan, kurangi aktivitas di luar rumah,” serunya. (jul/nak)