DPRD Himbau Masyarakat Waspadai Produk Kadarluarsa

Sanggau

Editor elgiants Dibaca : 90

DPRD Himbau Masyarakat Waspadai Produk Kadarluarsa
Ilustrasi produk kadarluarsa
SANGGAU, SP - Ketua DPRD Sanggau, Jumadi mengingatkan kepada masyarakat untuk teliti dalam membeli sejumlah produk, khususnya selama bulan suci Ramadan ini. Pasalnya, selama Ramadan masih ditemukan barang-barang atau produk makanan dan minuman tak layak konsumsi.

Jumadi menyebut, masyarakat sebagai konsumen harus bijak, jangan sampai produk yang dikonsumsi sudah tidak layak. Karena produk tidak layak konsumsi itu bisa jadi mengandung racun dan tentu sangat membahayakan tubuh.

“Masyarakat harus teliti, harus cermat dalam membeli setiap produk kemasan, baik itu makanan maupun minuman. Yaitu dengan cara melihat expired date atau tanggal kadaluarsa dalam setiap kemasan produk yang akan dibeli,” ujarnya, Senin (6/4).

Jika menemukan produk yang sudah kadaluarsa, legislator PDI Perjuangan ini menyarankan kepada masyarakat agar tidak takut melapor ke pihak terkait. Jumadi tegas meminta kepada dinas terkait untuk segera turun melakukan pengecekan pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada seluruh pelaku usaha di ritel modern maupun tradisional agar memperhatikan barang-barang yang dijual, aman untuk dikonsumsi masyarakat. “Barang- barang yang dijual harus memenuhi ketentuan. Salah satunya tanggal kadaluarsa itu tadi,” tegas Jumadi.

Bagi pelaku usaha yang selalu kedapatan menjual produk kadaluarsa, ia menyarankan kepada dinas terkait untuk mengambil tindakan tegas. “Kalau setiap Ramadan misalnya selalu ditemukan barang kadaluarsa, apalagi dalam jumlah banyak, ya berikan tindakan tegas. Jangan ditolerir lagi,” pungkas Jumadi. (jul/nak)