Sabtu, 21 September 2019


Caleg Petahana Unggul di Sanggau

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 315
Caleg Petahana Unggul di Sanggau

PEMILU-Ketua KPU Kalbar, Ramdan bersama Komisioner Bawaslu Kalbar usai Rapat Pleno Perbaikan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan di Pontianak beberapa waktu lalu. Di Sanggau Rapat Pleno Rakapitulasi Pemilu 2019 usai digelar, Senin malam (6/5)

 SANGGAU, SP - KPU Kabupaten Sanggau telah merampungkan pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten, Senin (6/5) malam. Untuk pemilihan DPR RI Dapil Kalbar II, Caleg dari PDI Perjuangan, Lasarus memperoleh suara terbanyak.

Lasarus yang merupakan Caleg petahana ini memperoleh 38.585 suara. Disusul caleg dari Partai Golkar Adrianus Asia Sidot yang memperoleh 34.780 suara. Di urutan ketiga ada Krisantus Kurniawan, Caleg dari PDI Perjuangan ini memperoleh 18.736 suara.

Kemudian, Caleg dari Partai Demokrat yang juga mantan Bupati Sekadau dua periode, Simon Petrus berada di posisi keempat dengan perolehan 16.482 suara. Di urutan kelima, ada Caleg dari PAN Sukiman, Caleg petahana ini memperoleh 6.524 suara.

Selanjutnya, ada Yessy Melania dari Partai Nasdem yang memperoleh 6.413 suara. Di urutan ketujuh ada Milton Crosby dari Partai Gerindra yang memperoleh 3.734 suara, Zainudin dari PKB memperoleh 3.686 suara, Abang Tambul Husin dari Partai Nasdem memperoleh 3.381 suara dan di urutan kesepuluh ada Fathan A Rasyid dari PKS yang memperoleh 3.280 suara.

Siapa yang akan melaju ke Senayan, tergatung total suara pribadi masing-masing caleg dan akumulasi total dengan perolehan suara partai di Kabupaten Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu yang merupakan wilayah dalam satu daerah pemilihan. 

Sementara untuk pemilihan DPD RI, calon petahana Maria Goreti memperoleh suara terbanyak di wilayah Kabupaten Sanggau. Calon petahana itu berhasil meraup 55.075 suara. Di urutan kedua, ada Christiandy Sanjaya. Mantan Wakil Gubernur Kalbar dua periode ini berhasil meraup 50.264 suara.

Disusul H Samion yang memperoleh 20.829 suara. Perolehan suara terbanyak keempat diraih Joseph Odillo Oendoen yang memperoleh 19.640 suara. Sedangkan di urutan kelima perolehan suara ada Glorio Sanen yang memperoleh 18.368 suara. 

Ketua KPU Kabupaten Sanggau Sekundus Ritih mengatakan, rapat pleno tingkat kabupaten yang dilaksanakan 2-6 Mei 2019 di lantai II gedung DPRD Kabupaten Sanggau berjalan lancar dan aman. 

“Hari ini (kemarin, red), saya ke Pontianak untuk mengikuti pleno tingkat provinsi,” katanya, Selasa (7/5). 

Tokoh pemuda Sanggau, Candra Apriansyah mengaku bersyukur akhirnya pleno tingkat Kabupaten Sanggau akhirnya selesai digelar. Menurutnya siapapun yang terpilih sebagai wakil rakyat baik di DPRD Kabupaten, Provinsi maupun pusat jangan lagi dipersoalkan sebab yang nanti akan duduk adalah wakil yang telah dipercaya oleh masyarakat.

“Siapapun yang terpilih itulah hasil pilihan masyarakat kita. Semoga mereka bisa mengemban amanah dan kepercayaan itu,” ujar Candra.

Begitupun terhadap hasil Pilpres, dirinya meminta semua pihak untuk bersabar. Jikapun salah satu pasangan menang di Sanggau kata Candra itu bukanlah tolak ukur untuk sebuah kemenangan secara nasional sebab Sanggau hanyalah salah satu dari sekian wilayah Kabupaten yang ada di Indonesia.

“Kita tidak bisa hanya berkaca dari wilayah kita saja, Indonesia itu luas dan kita harus bersabar menunggu proses penghitungan yang saat ini masih berlangsung di tingkat provinsi dan tingkat KPU RI nanti,” serunya.

Lebih lanjut Alumni Fisip Untan ini meminta agar masyarakat kembali untuk bekerja seperti biasa, tidak lagi sibuk berdebat soal siapa menang dan kalah. Meskipun Ia mengatakan masyarakat harus tetap mengkawal semua proses yang ada namun Ia lebih menyarankan agar mempercayakan semua kepada KPU selaku lembaga resmi.

“Mari kita kawal bersama, tapi kita jangan sibuk berdebat dan menganggap salah satu Paslon paling hebat atau unggul. Jika memang ada kekeliruan atau ada kesalahan tentukan semua bisa disampaikan keberatan saat rapat pleno. Nah di Sanggau saya lihat aman-aman saja sampai pleno Kabupaten usai,” pungkasnya. (jul/nak)

Jokowi-Ma’ruf Menang Telak

SANGGAU, SP - Pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Sanggau telah selesai, Senin (6/5) malam. Hasilnya, pasangan Capres-Cawapres Nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’aruf Amin menang telak atas pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Dalam rapat pleno yang digelar di gedung DPRD Sanggau sejak Kamis, (2/5) lalu itu, Jokowi-Ma’ruf dipastikan memperoleh 202.856 suara. Sedangkan Prabowo-Sandi hanya memperoleh 66.266 suara. Selisih suara antar kedua Paslon memang sangat jauh sekali.

Kemenagan Capres Petahana di Sanggau mengindikasikan bahwa sebagaian besar masyarakat masih mengharapkan mantan Walikota Solo tersebut untuk kembali menjadi Presiden.

Namun kemenagan di tingkat Kabupaten Sanggau ini bukanlah jaminan bagi kemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin sebab proses prekapitulasi tingkat Provinsi dan KPU RI belum lagi usai digelar, Sementara jumlah pemilih dalam pemilu kali ini sebanyak 343.013 (DPT,DPTb,DPK). Dari jumlah itu, pemilih yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 273.919 pemilih, dengan jumlah suara sah sebanyak 269.122 suara dan suara tidak sah sebanyak 4.797 suara. (jul/nak)