Selasa, 17 September 2019


LKPj Bupati Sanggau Resmi Disampaikan

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 144
LKPj Bupati Sanggau Resmi Disampaikan

PARIPURNA- Anggota DPRD Sanggau saat mengikuti rapat paripurna penyampaian nota pengantar LKPj Bupati Sanggau tahun anggaran 2018 di DPRD Sanggau, Senin (13/5).

SANGGAU, SP – Sekretaris Daerah (Sekda) Sanggau, AL Leysandri menyampaikan nota pengantar Laporan Keterangan Pertangungjawaban (LKPj) Bupati Sanggau Tahun Anggaran 2018. Nota pengantar tersebut disampaikan dalam Rapat Paripurna DPRD Sanggau, Senin (13/5).

Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Sanggau, Hendrikus Bambang, didampingi Ketua DPRD Sanggau, Jumadi dan Wakil Ketua DPRD Sanggau, Usman. Rapat yang diikuti 24 anggota DPRD Sanggau itu dihadiri Kasi Intel Kejari Sanggau, Iman Khilman dan para pimpinan OPD.

Pada kesempatan tersebut, Leysandri menyampaikan gambaran secara umum kemajuan kinerja yang telah dicapai selama tahun anggaran 2018. Ia menyebut, realisasi pendapatan Pemkab Sanggau tahun anggaran 2018 mencapai Rp1.570.919.034.785,26 atau sebesar 98,27 persen dari target pendapatan dalam APBD setelah perubahan sebesar Rp1.598.515.624.669,37 atau di bawah anggaran sebesar Rp27.596.589.884,11.

“Kemudian realisasi belanja mencapai Rp1.500.797.537.434,46 atau sebesar 90,19 persen dari target anggaran dalam APBD setelah perubahan sebesar Rp1.663.968.163.711,25 atau di bawah anggaran sebesar Rp163.170.626.276,79,” ujar Leysandri pada kesempatan tersebut.

Di hadapan para wakil rakyat, Leysandri juga menyampaikan indikator keberhasilan pelaksanaan misi Kabupaten Sanggau dalam rangka melaksanakan urusan pemerintahan yang dilimpahkan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. “Pelaksanaan misi dan urusan pemerintah daerah tersebut direalisasikan dalam program dan kegiatan yang telah dilaksanakan dalam tahun 2018,” katanya.

“Ada delapan misi yang menjadi acuan seluruh OPD sebagai pelaksana teknis dalam penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Sanggau. Pertama, meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan aksebilitas dan kualitas pelayanan pendidikan, kesehatan dan sosial,” terang Leysandri.

Yang kedua lanjutnya yaitu meningkatkan ekonomi masyarakat berbasis pertanian, kehutanan, perkebunan, pertambangan, pariwisata, perdagangan dan industri yang berdaya saing dan berwawasan lingkungan dengan didukung ketersedian sarana dan prasarana yang memadai.

Ketiga, meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah yang professional, transparan, akuntabel dan demokratis serta berorientasi pada pelayanan publik. Keempat, meningkatkan ketentraman dan ketertiban melalui kepastian, perlindungan dan penegakan supermasi hukum.

Selanjutnya, mewujudkan pengelolaan sumber daya alam yang bertumpu pada kearifan lokal dan kelestarian lingkungan dengan tetap memperhatikan keselarasan dengan pembangunan nasional.

Kemudian, meningkatkan tata kehidupan sosial masyarakat yang harmonis, religious, berbudaya, demokratis dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal.

“Selain itu, meningkatkan percepatan pembangunan wilayah perbatasan yang bersinergi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Misi terakhir, meningkatkan penataan infrastruktur ibu kota kabupaten, ibu kota kecamatan dan percepatan pembangunan wilayah pedesaan dengan bertumpu pada pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat,” pungkasnya. (jul/nak)

Dibahas per Komisi Besok

Wakil Ketua DPRD Sanggau, Hendrikus Bambang mengatakan, LKPj Bupati Sanggau Tahun Anggaran 2018 yang telah disampaikan Sekda akan segera dibahas per Komisi bersama mitra kerjanya masing-masing.

“Rabu besok, tanggal 15 Mei 2019 kita akan bahas LKPj ini per Komisi. Dan pembahasannya satu hari saja,” ujar legislator Partai Golkar ini ditemui usai Paripurna, Senin (15/5).

Dalam pembahasan nanti, kata Bambang, akan dilihat antara capaian dan target dari program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan selama tahun 2018. “LKPj itu kan persentasi dari misi dan misi. Dengan kebijakan umum anggaran 2018 ke arah mana, kita lihat antara target dan pencapaiannya,” jelas Bambang.

Setelah itu, lanjut Bambang, akan digelar Paripurna kembali terkait LKPj Bupati tersebut.

“Sesuai jadwal, paripurna penyampaian rekomendasi terhadap LKPj Bupati itu akan dilaksanakan pada tanggal 16 Mei 2019,” demikian Bambang. (jul/nak)