Dua Supir Angkutan Lebaran di Entikong Positif Narkoba

Sanggau

Editor elgiants Dibaca : 105

Dua Supir Angkutan Lebaran di Entikong Positif Narkoba
POSITIF NARKOBA - Supir berinisial D mendapatkan penjelasan dari Kasi Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi BNNK Sanggau Heri Ariandy.
SANGGAU, SP - Sebanyak dua orang supir angkutan lebaran di Kecamatan Entikong positif menggunakan narkotika golongan metamphetamin (sabu). Kedua supir tersebut berinisial D (32) dan DH (46). 

“Dari hasil pemeriksaan tes urin ke duanya positif narkoba. Dan itu juga mereka akui,” kata Kasi Rehabilitasi dan Pasca Rehabilitasi BNNK Kabupaten Sanggau, Heri Ariandy kepada wartawan usai mengikuti razia gabungan bersama Dishub Sanggau di terminal Bis Kecamatan Entikong, Kamis (23/5).

Razia gabungan ini, kata dia, dimaksudkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang menggunakan angkutan lebaran.
“Ada sebanyak 16 orang sopir bus yang nenjalani pemeriksaan tes urin. Namun, hanya dua orang supir saja yang positif menggunakan narkotika golongan metamphetamin,” ungkap Heri.

Setelah mendapati dan mendata kedua orang supir tersebut, selanjutnya dilakukan assesment singkat dan sosialisasi program rehabilitasi yang dilakukan langsung di TKP. “Selanjutnya ke dua orang ini kita arahkan untuk datang ke klinik sehat BNN Sanggau untuk dilakukan pemeriksaan lanjut dan lebih mendalam. Untuk menentukan program layanan rehabilitasi medis yang cocok bagi mereka,” ujar Heri.

Ia menegaskan, BNN Kabupaten Sanggau tidak henti-hentinya mensosialisasikan tentang bahaya narkoba dan sosialisasi program rehabilitasi bagi para penyalahguna dan pecandu. Tujuannya adalah agar Sanggau bebas dari Narkoba. 

“Sampai dengan hari ini jumlah residen yang ikut program rehabilitasi mencapai 32 orang, termasuk yang hasil rajia hari ini (kemarin, red),” terang Heri.

Ia menambahkan, terjadi peningkatan jumlah yang direhabilitasi jika dibandingkan dengan tahun 2018 yang hanya bernjumlah 27 orang. Tingginya angka kesadaran masyarakat untuk ikut program rehabilitasi ini juga berkat gencarnya sosialisasi P4GN dan rehabilitasi di masyarakat yang dilakukan BNNK Sanggau dan tentunya partisipasi stak holder terkait. (jul/nak)