Rabu, 13 November 2019


Apolina Ingatkan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 97
Apolina Ingatkan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Ny Arita Apolina saat mewisuda 162 siswa PAUD se-Kecamatan Toba, Senin (27/5). Ist

SANGGAU, SP - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Sanggau Ny Arita Apolina mewisudakan 162 siswa PAUD se-Kecamatan Toba di Gedung Pertemuan Toba, Senin (27/5).

Pada kesempatan tersebut, Apolina menekankan pentingnya pendidikan anak usia dini.

“Pendidikan anak pada usia dini merupakan salah satu bentuk pendidikan yang menitikberatkan peletakan dasar pertumbuhan anak sejak lahir. Sebab, di usia dini anak-anak akan memperoleh masa perkembangan moral, perkembangan fisik, kecerdasan, emosional, bahasa dan komunikasi,” ujarnya.

Apolina menyebut, usia dini merupakan masa emas atau golden age, yaitu masa perkembangan anak, masa anak untuk mengeksplorasi hal-hal yang ingin mereka lakukan, senang bermain dan peka terhadap rangsangan sekitar.

Oleh karena itu, ia mengingatkan para orang tua dan guru agar memberikan pendidikan dan pengetahuan yang positif. “Masa perkembangan moral, perkembangan fisik, kecerdasan, emosional, bahasa dan komunikasi ditentukan pada masa tersebut,” tutur Apolina.

Pendidikan, lanjut dia, adalah jembatan perbaikan masa depan yang gemilang. Karena sejatinya pendidikan adalah kunci sebuah perbaikan. Dan pendidikan sebaiknya diberikan sejak dini guna melahirkan generasi-generasi yang mampu memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara.

“Pendidikan anak pada usia dini juga sebagai pengantar bagi anak untuk mempersiapkan dirinya menempuh pendidikan ke jenjang berikutnya, agar tidak kaget. Dan berdasarkan peraturan terbaru, sebagai syarat untuk memasuki ke jenjang sekolah dasar,” pungkas Apolina. (jul/nak)