Jumat, 15 November 2019


PH Lepas 46 Kontingen Popda 2019

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 185
PH Lepas 46 Kontingen Popda 2019

POPDA - Bupati Sanggau Paolus Hadi dan Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyalami kontingen Popda usai acara pelepasan di halaman Kantor Bupati Sanggau, Senin (17/6).

SANGGAU, SP - Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) melepas 46 kontingen Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Sanggau di halaman kantor Bupati Sanggau, Senin (17/6). 

Mereka dilepas untuk mengikuti Popda tingkat Provinsi Kalbar tahun 2019 di Pontianak yang akan dibuka pada Selasa (17/6) malam.
Kegiatan pelepasan kontingen Popda itu dirangkaikan dalam apel kesadaran nasional. Pada kesempatan itu, PH mengajak peserta apel dan juga masyarakat Kabupaten Sanggau untuk bersama-sama mendukung para atlet Sanggau sehingga bisa meraih prestasi.

“Mari kita bersama-sama mendukung kontingen Popda Sanggau, semoga bisa berprestasi, membawa nama baik Kabupaten Sanggau, dan bisa mewakili Provinsi Kalbar pada Popwil (Pekan Olahraga Pelajar Wilayah) di Jawa Barat dan Popnas (Pekan Olahraga Pelajar Nasional) di Papua,” harapnya.

Kepada seluruh atlet, Bupati dua periode ini menitip pesan agar selalu bersemangat dan selalu menjaga kesehatan. PH menyebut, mimpi seorang atlet adalah juara, bisa mengharumkan nama daerah.

“Selain meraih prestasi, ajang ini juga untuk membiasakan diri kita agar menjalankan pola hidup sehat dengan berolahraga. Karena olahraga juga merupakan bagian penting dalam membangun bangsa,” imbuhnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sanggau, F Meron mengatakan, Popda akan dilaksanakan pada 17-21 Juni 2019 di Kota Pontianak. 

“Popda diselenggarakan sebagai bagian dari sistem kompetisi olahraga pelajar yang berjenjang dan berkelanjutan pada tingkat daerah,” katanya.

Popda, lanjut Meron, dimerupakan babak kualifikasi beberapa cabang olahraga untuk seleksi para atlet Provinsi Kalbar dan sekaligus membentuk kontingen menuju Popwil yang diadakan setiap dua tahun sekali.

Pada Popda tahun ini, Pemkab Sanggau mengirim 46 kontingen yang terdiri dari 11 orang panitia, 23 orang atlet, 5 orang official, 5 orang pelatih dan 2 orang medis. Mereka akan mengikuti 5 cabang olahraga yakni, atletik, tinju, volly pasir, taekwondo dan karate.

“Kontingen Popda yang dikirim ini untuk memupuk, memelihara dan menggalang persatuan dan kesatuan di kalangan pelajar. Kemudian, seleksi calon olahragawan pelajar untuk mengikuti Popwil 2019 di Jawa Barat dan Popnas 2019 di Papua. Ketiga, sarana evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar oleh daerah,” pungkas Meron. (jul/nak)