Kamis, 19 September 2019


Bupati Sanggau Belajar E-Kinerja dan MPP ke Banyuwangi

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 127
Bupati Sanggau Belajar E-Kinerja dan MPP ke Banyuwangi

CENDRAMATA - Bupati Sanggau, Paolus Hadi menerima cenderamata dari Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas saat studi tiru ke Kabupaten tersebut, Selasa (6/8). Ist

SANGGAU, SP - Pemerintah Kabupaten Sanggau melakukan studi tiru sektor sistem e-Kinerja untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sistem Mal Pelayanan Publik (MPP) ke Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (6/8).

Studi tiru itu dipimpin langsung Bupati Sanggau, Paolus Hadi (PH). Rombongan Bupati Sanggau disambut langsung Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas beserta jajarannya. 

Pada kesempatan itu, Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesra Setda Banyuwangi, Rempegjogopati memaparkan prioritas pembangunan daerah yang menjadi program wajib mereka, yakni pendidikan dan kesehatan.

Selain itu, Rempegjogopati juga memaparkan program unggulan Pemkab Banyuwangi. Diantaranya sektor pertanian, pariwisata dan UMKM. Kemudian, dipaparkan juga terkait program penunjang berupa infrastruktur, perlindungan sosial, lingkungan hidup dan birokrasi.

Untuk mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkab Banyuwangi “menjual” alam berupa pengembangan destinasi pariwisata yang ada di sana. Bahkan Pemkab Banyuwangi melibatkan masyarakatnya.

Di bawah kepemimpinan Abdullah Azwar Anas, seluruh OPD yang ada ditekankan untuk berkontribusi dalam upaya meningkatkan PAD melalui sektor pariwisata tersebut. Orang nomor satu di Banyuwangi itu mengambarkan setiap dinas di pemerintahannya adalah Dinas Pariwisata, setiap aktivitas adalah atraksi dan setiap tempat adalah destinasi.

“Untuk mewujudkan itu, tentu ego sektoral harus dihilangkan. Sistem keroyokan dari setiap OPD, sehingga apa yang direncanakan bisa diwujudkan. Sejauh ini wisawatan yang datang baik lokal, nasional maupun mancanegara terus meningkat setiap tahun. Banyuwangi ada seratusan lebih event atau kegiatan festival dan sudah masuk dalam kalender tahunan Pemkab Banyuwangi,” kata Azwar Anas.

Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) mengatakan, studi tiru ini dilakukan guna mengetahui bagaimana cara penerapan aplikasi e-Kinerja ASN dan sistem informasi layanan publik atau mal pelayanan publik.

Bupati mengatakan, semua layanan yang sudah terintegrasi dan dikelola dengan baik di Pemkab Banyuwangi dapat diterapkan di Kabupaten Sanggau. “Termasuk juga pada sektor pariwisata di Pemkab Banyuwangi yang sudah dikemas dengan baik seperti Banyuwangi Wonderful Indonesia. Ini tentu dapat memacu kami agar dapat mengemas destinasi pariwisata yang ada di Kabupaten Sanggau supaya memiliki nilai jual,” kata PH.

Bupati Sanggau dua periode ini juga sependapat jika pengelolaan sektor pariwisata tidak hanya demi mendongkrak PAD bagi Pemkab Sanggau. Tetapi bagaimana keberadaan destinasi yang ada bisa ikut memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

“Selain dapat mendongkrak PAD, juga dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat. Artinya, masyarakat juga dilibatkan,” pungkasnya. (jul/nak)