Kamis, 19 September 2019


Ontot: Jaga Burung-burung Agar Tidak Punah

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 122
Ontot: Jaga Burung-burung Agar Tidak Punah

BUKA. Wabup Sanggau Yohanes Ontot saat membuka lomba dan pameran burung berkicau Sentana Cup III 2019 di Lapangan Sanggau Bird Club (SBC), Minggu (18/8). Ist

Wakil Bupati (Wabup) Sanggau Yohanes Ontot membuka secara resmi kompetisi dan pameran burung berkicau Sentana Cup III tahun 2019 di Lapangan Sanggau Bird Club (SBC), Jalan Kinibalu, Sanggau, Minggu (18/8). Kegiatan dalam rangka HUT ke-74 RI tersebut diikuti peserta se-Kalbar dan Sarawak, Malaysia. 

Dalam sambutannya, Ontot menyampaikan terima kasih kepada Komunitas Kicau Mania Kabupaten Sanggau yang selalu rutin melaksanakan lomba dan pameran burung berkicau. 

"Ini yang kedua kalinya saya membuka perlombaan dan pameran burung berkicau. Terima kasih juga kepada para peserta lomba burung berkicau dari kabupaten/kota di Kalbar, dan juga dari Sarawak Malaysia yang turut serta berpartisipasi dalam kompetisi dan sekaligus memelihara jenis-jenis burung ini," ucapnya. 

Wabup dua periode ini kemudian mengajak semua pihak untuk menjaga burung-burung agar tidak punah. 
"Selain sebagai media untuk berkompetisi, juga disisi lain kita harus bersama-sama menjaga burung-burung ini agar tidak punah," ujar Ontot.

Ketua Panitia Teguh Basuki menyampaikan, lomba dan pameran burung berkicau ini diikuti Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sanggau, Landak, Kota Pontianak, Mempawah, Sambas serta dari Sarawak, Malaysia.

Kegiatan ini, lanjut dia, diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Sanggau dan komunitas Kicau Mania Kabupaten Sanggau. Biaya dalam kegiatan ini ditanggung oleh Komunitas Kicau Mania Kabupaten Sanggau dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam bentuk doorprize.

"Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau, seluruh elemen yang ada di Sanggau dan komunitas Kicau Mania Kabupaten Sanggau atas partisipasi dan dukungannya, sehingga lomba dan pameran burung berkicau Sentana Cup III 2019 dapat dilaksanakan," kata Teguh. 

Pada kesempatan itu, ia juga menegaskan komitmen Kominitas Kucau Mania dalam memerangi penyalahgunaan narkotika. 

"Kami selaku komunitas Kicau Mania Kabupaten Sanggau berkomitmen tidak menggunakan narkoba. Dan kami juga imbau kepada Komunitas Kicau Mania, untuk pada musim kemarau ini mohon supaya tidak melakukan pembakaran lahan secara masif," pungkasnya. 

Hadir pada acara pembukaan, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Gede Setiawan, Kabag Sumda Polres Sanggau AKP Suparwoto, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny Yohana Kusbariah Ontot, Danramil Kapuas Kapten Inf Eko Prasetyo, Kapolsek Kapuas Iptu Sri Mulyono serta Kepala OPD Kabupaten Sanggau. (jul)