Senin, 14 Oktober 2019


Ribuan Warga Perbatasan, Serbu Bhakti Sosial HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia Kodam XII/Tpr

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 74
Ribuan Warga Perbatasan, Serbu Bhakti Sosial HUT ke-74 Tentara Nasional Indonesia Kodam XII/Tpr

Foto bersama jajaran Kodam XII/Tpr dan Forkompimda Kabupaten Sanggau usai pembukaan Baksos HUT ke-74 TNI Tahun 2019 di lingkungan Kodam XII/Tpr

SANGGAU, SP  - Ribuan warga perbatasan Indonesia-Malaysia, menyerbu Bhakti Sosial (Baksos) yang digelar oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kalbar. Baksos ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI Tahun 2019.

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh Komando Militer (Kodam) XII/Tanjungpura, bersama Pangkalan TNI TNI AL (Lantamal) XII Pontianak, Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio, dan Komando Resor Militer (Korem) 121/Abw. Baksos sendiri berlangsung di Desa Semanget, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. 

Dibuka langsung oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad, Minggu (29/9/2019). Baksos kali ini mengangkat tema,”TNI Profesional Kebanggaan Rakyat”.

Pembukaan Baksos ini dihadiri Kasdam XII/Tpr, Danlanud Supadio, Danrem 121/Abw, Kepala BKKBN Kalbar, Kadisdikbud Provinsi Kalbar, Irdam XII/Tpr, Kapoksahli Pangdam XII/Tpr, para Asisten Kasdam XII/Tpr, para Komandan Satuan dan Kabalak Kodam XII/Tpr.

Tampak pula Kadisbek Lantamal XII/Pontianak, unsur Forkopimda Sanggau, Muspika Kecamatan Entikong serta Ketua dan Wakil Ketua Persit KCK PD XII/Tanjungpura. 

Pembukaan Baksos dalam rangka memperingati hari jadi TNI ini ditandai dengan penyerahan bantuan berupa Paket Sembako oleh Pangdam XII/Tpr kepada perwakilan masyarakat. Dalam Baksos, Pangdam XII/Tpr turun langsung meninjau para prajurit TNI yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

Dalam sambutannya, Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, pada hakekatnya Baksos adalah bentuk perwujudan syukur kepada Allah SWT, atas terpeliharanya kemanunggalan TNI dengan rakyat. Serta merupakan salah satu wujud kepedulian dan peran bersama dalam mencermati berbagai permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat.

"Tujuan untuk membangun soliditas dan sinergitas prajurit TNI dengan pemerintah daerah, serta komponen masyarakat lainnya. Guna mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat yang selama ini telah terbina dengan baik," papar Pangdam XII/Tpr.

Mayjen TNI Muhammad Nur berharap, agar kegiatan seperti ini terus ditumbuhkembangkan selain itu juga agar dijaga dan dipelihara kebersamaan antara TNI dengan rakyat dalam keharmonisan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. 

“Demi terwujudnya ketahanan wilayah yang tangguh dalam menangkal berbagai ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan yang datang dari luar,” tutur Mayjen TNI Muhammad Nur.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan masyarakat," lanjutnya.

Pada Baksos tersebut, Kodam XII/Tpr bekerjasama dengan stake holder melaksanakan pelayanan kepada masyarakat di perbatasan antara lain pengobatan umum, pemeriksaan gigi, pelayanan KB dan pembagian sembako serta hiburan rakyat. 

Selain menyerahkan Paket Sembako, Mayjen TNI Muhammad Nur juga menyerahkan bantuan berupa program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Dompu 2019, kerjasama antara Kodam XII/Tpr dengan Pemkab Sanggau. 

Dalam penyerahannya dilakukan oleh Pangdam XII/Tpr didampingi Bupati Sanggau, Paolus Hadi. Dalam kesempatan ini Pangdam XII/Tpr juga melaksanakan pemasangan papan pertama dinding rumah yang mendapat bantuan.

Selain bedah rumah di Desa Semanget, Kodam XII/Tpr juga menyelenggarakan di enam Kodim di wilayah Korem 121/Abw dan Kodim 1207/BS, dengan sasaran yaitu, pembuatan rabat beton, pembuatan Posyandu, pembuatan tempat sampah dan pengecatan tempat ibadah.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan apresiasi kepada Kodam XII/Tpr yang memilih Entikong sebagai lokasi bhakti sosial dan karya bhakti.

"Atas nama Pemda, saya menyampaikan terimakasih kepada Pangdam yang telah memilih Entikong sebagai lokasi Baksos maupun karya bhaktinya. Hari ini bersama Kodam XII/Tpr kita ada perbaikan satu unit rumah tidak layak huni. Kegiatan ini didorong untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Paolus Hadi. (*)