Rabu, 20 November 2019


Hijaukan Kembali Bumi Borneo, Satgas 643 Tanam 10 Ribu Pohon di Wilayah Perbatasan

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 100
Hijaukan Kembali Bumi Borneo, Satgas 643 Tanam 10 Ribu Pohon di Wilayah Perbatasan

Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto, menanam pohon pada erakan penanaman 10.000 pohon untuk menghijaukan kembali Bumi Borneo.

SANGGAU, SP - Satgas Pamtas Yonmek 643/Wanara Sakti, membantu Pemkab Sanggau, melaksanakan gerakan penanaman 10.000 pohon untuk menghijaukan kembali Bumi Borneo.  

Penanaman 10.000 pohon ini berlangsung di wilayah Perbatasan RI-Malaysia, dalam rangka HUT ke-74 TNI, di Desa Lubuk Sabuk, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Rabu (2/10/2019).

Penanaman dan penghijauan 10.000 pohon tersebut bertajuk "Hijaukan Kembali Bumi Borneo" dimulai dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto.

Adapun bibit pohon yang ditanam diantaranya bibit pohon Belian, Tengkawang, Mahoni, Jelukung, Akasia Belimbing Wuluh, Langsat dan Jengkol. Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto.

Dikatakan Letkol Inf Dwi Agung Prihanto, bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu Reboisasi yang dilakukan di wilayah akibat kebakaran hutan, karena itu kami, Satgas Pamtas membantu Pemda Kabupaten Sanggau serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk melakukan program penghijauan dengan menanam kembali lahan dan hutan.

Sehingga hutan menjadi hiijau kembali dan kelestarian alam bumi borneo tetap terjaga dan terpelihara dengan baik dan asri," ujarnya.

Lanjutnya, penanaman pohon yang dilaksanakan juga bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memperbaiki lingkungan sebagai paru-paru dunia akan tersedianya oksigen bagi mahluk hidup.

Juga dalam rangka menyambut HUT ke-74 TNI yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2019," kata Dansatgas.

Sementara itu, Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan, penanaman pohon ini memang benar dalam rangka HUT ke-74 TNI. Kegiatan ini sangat tepat dilakukan, karena sudah lama kemarau dan juga baru selesai kabut asap. Maka dari itu, marilah kita dukung kegiatan ini, kita teruskan dengan menambah jumlah tanaman untuk di tanam di hutan.

Agar gunung-gunung kita dijaga, jangan diganggu, itulah sisa-sisa hutan kita. Hutan dan pohon harus kita jaga dengan benar," tegasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Sanggau, Kepala BPN Sanggau, Kepala Dinas KPH Sanggau, Muspika Kecamatan Entikong, Camat Sekayam, Kepala Desa, dan Tokoh Adat serta Tokoh Masyarakat. (*)