Minggu, 19 Januari 2020


PMI Sanggau Gelar Safari Natal Berdonor

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 67
PMI Sanggau Gelar Safari Natal Berdonor

Sekretaris PMI Kabupaten Sanggau Urbanus

SANGGAU, SP - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sanggau berupaya menjaga persedian darah selama libur atau cuti Natal 2019. Upaya itu dilakukan dengan menggelar Safari Natal Berdonor.

Sekretaris PMI Kabupaten Sanggau Urbanus mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan PMI Sanggau yang sudah berjalan tiga tahun terakhir. 

“Target kita terkumpul 150 kantong darah pada bulan Desember 2019. Ini untuk mengantisipasi libur Natal, masa cuti perusahaan, pemerintahan, dan libur anak sekolah,” katanya, Senin (9/12).

Urbanus mengatakan, pihaknya juga akan menyiapkan bingkisan sembako bagi pendonor pada saat Safari Natal Berdonor. 

“Kegiatan kita nanti dilaksanakan di Gereja Hati Kudus Yesus Batang Tarang, Gereja Bethel Indonesia Bodok, SMA Karya Kasih Parindu, Gereja Kristus Raja Sosok, Gepembri Tayan Hilir, GPIB Marantha Kantu, Pemuda Katolik, RS Sentra Medika, SMA N 2 Sanggau, SMAN 3 Sanggau dan PLTU Sanggau,” ungkapnya.

Menurut Urbanus, Safari Natal Berdonor ini mulai dilaksanakan semenjak Yohana Kusbariah menjabat sebagai Ketua PMI Sanggau. 

“Saat menyambut lebaran, kita juga melaksanakan Safari Ramadan Berdonor,” ujarnya.

Safari Natal Berdonor ini, lanjut Urbanus, sangat penting untuk mengantisipasi kekurangan stok darah di saat libur Natal. 

“Kalau stok kita banyak, pasien di rumah sakit jika membutuhkan darah bisa segera kita bantu. Untuk itulah, persedian stok darah harus kita lakukan,” katanya.

Untuk itu, Urbanus mengimbau kepada masyarakat dalam menghadapi libur natal dan tahun baru agar menjaga pola makan dan berolahraga. 

“Untuk masyarakat yang sudah waktunya donor, agar berdonor ke UDD PMI Sanggau. Saat hari libur nantipun PMI buka selama 24 jam. Dengan donor darah rutin kita bisa sehat dan pasien yang membutuhkan darah bisa selamat. Semoga bagi mereka yang menyumbang darahnya diberkati Tuhan,” pungkasnya. (jul)