Sabtu, 18 Januari 2020


Satu Supir Bus Positif Konsumsi Sabu

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 81
Satu Supir Bus Positif Konsumsi Sabu

TES URINE - Pemeriksaan urine supir bus yang dilakukan BNN Kabupaten Sanggau di Terminal Sosok, Rabu (11/12). IST

SANGGAU, SP - Menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau, Polres Sanggau, BNN, Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja menggelar ramp check atau inspeksi keselamatan dan tes urine, Rabu (11/12). Kegiatan itu berlangsung di Terminal Sosok, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau Anselmus mengatakan, ramp check ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Baik menjelang Idul Fitri maupun menjelang Natal dan Tahun Baru. 

“Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan keamanan angkutan transportasi, terutama pada masa mudik,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, lanjut mantan Camat tayan Hulu ini, dilakukan pemeriksaan teknis kendaraan, cek kesehatan pengemudi, administrasi pengemudi dan kendaraan, memberikan pengarahan bagi pemilik dan pengemudi kendaraan terkait surat kelengkapan yang wajib ada pada mobil angkutan tersebut.

“Pelaksanaanya ramp check dilakukan dari tanggal 11 hingga 18 Desember 2019 di tempat yang berbeda. Dan hari ini (kemarin, red) kita laksanakan di Terminal Sosok. Setelahnya akan digelar di Terminal Sekayam, Terminal Entikong, Simpang Ampar dan Terminal Kapuas,” terang Anselmus.

Adapun jumlah total kendaraan angkutan yang di-ramp check baik bus, damri, taksi, truk, tronton dan pick-up sebanyak 86 kendaraan, kendaraan layak 2, kendaraan tidak layak 7, Tilang 12 kendaraan, pembinaan 1 kendaraan dan iuaran wajib jasa raharja ada 6 kendaraan yang diperiksa, cek kesehatan ada 29 orang.

Selain ramp check, petugas dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sanggau melaksanakan tes urine bagi supir bus. Dalam tes urine itu, 31 supir bus di uji urine-nya dan satu orang diantaranya positif sabu, yaitu berinisial R warga asal Siantan, Pontianak. 

“Iya, satu orang positif mengkonsumsi sabu,” kata Kasi Rehabilitasi BNN Kabupaten Sanggau Herry Ariandy.

Supir berinisial R, lanjut dia, akan dilakukan rehabilitasi oleh BNN Kabupaten Sanggau. 

“Tadi mobilnya kita geledah, tidak kita temukan barang bukti sabu di dalam kendarannya. R saat ini masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter klinik kita,” pungkas Herry. (jul)

Demi Keselamatan di Jalan Raya 

Tokoh masyarakat Sanggau Abdul Rahim mendukung ramp check dan tes urine yang dilakukan petugas gabungan menjelang Natal 2019 dan tahun baru 2020. Menurutnya, kegiatan itu penting dilaksanakan demi keselamatan penumpang mapun pengemudi itu sendiri.

“Baik ramp check maupun tes urine sama-sama bertujuan untuk memberikaan rasa aman dan nyaman bagi penumpang. Sehingga pengemudi atau supir bisa semakin baik dalam melayani penumpang,” ujarnya.

Ketika kendaraan dan pengemudinya sama-sama dalam keadaan baik, Rahim mengatakan, tentu pengguna jasa angkutan umum bisa merasakan perjalanan yang aman dan nyaman. 

“Dan kalau supir sudah mengkonsumsi narkoba, bukan hanya bahaya bagi penumpang yang ia kemudikan, tapi juga bagi pengendara lain,” tutup Rahim. (jul)