511 Pegawai Pemkab Sekadau Diserahkan ke Pemprov Kalbar

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 1228

511 Pegawai Pemkab  Sekadau Diserahkan ke Pemprov Kalbar
ILUSTRASI PNS (acehtraffic.com)
SEKADAU, SP – Tercatat sebanyak 511 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan non PNS Pemerintah Kab Sekadau, diserahkan ke pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Hal itu bentuk penerapan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Beberapa kewenangan diambil alih oleh provinsi. Di antaranya kehutanan, pertambangan, pendidikan yaitu SMA serta terminal.

Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan Setda setempat, Adrianus Adrianto Gondokusumo menerangkan, peralihan kewenangan tersebut dalam proses finalisasi penyerahan Personel, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta Dokumen (P3D).


Di bidang pertambangan yakni kegiatan pembanguanan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) juga ditarik oleh provinsi. Meskipun, pembangunan PLTMH telah banyak dilakukan oleh pemda.
“Kalau nanti diambil alih kewenangannya belum tentu akan dibangun lagi PLTMH. Nanti kehutanan juga tidak ada. Terminal, lalu di bidang pendidikan khususnya SMA, mulai dari guru, gaji dan dokumen juga diambil alih termasuk honornya,” ujarnya, Senin (20/6).


Menurutnya, 511 tersebut terdiri dari 200 PNS dan 311 non PNS. Dengan peralihan kewenangan tersebut mengurangi otonomi daerah. Dia menilai, seharusnya kebijakan tersebut yang paling diutamakan adalah program dan kualitasnya, misalnya kualitas pendidikan.

“Selain itu, pertambangan, Galian C dan PLTMH diambil alih. Harusnya PLTMH itu ditambah untuk membantu pasokan listrik, kalau ditarik tidak ada duitnya untuk membangun, kan kasian masyarakat,” pungkasnya. (akh/and)