Bupati Sekadau Resmikan Gereja Katolik Santo Gabriel

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 1509

Bupati Sekadau Resmikan Gereja Katolik  Santo Gabriel
Bupati Sekadau, Rupinus ketika melangsungkan prosesi adat dalam peresmian Gereja Santo Gabriel, belum lama ini. (ist)
SEKADAU, SP – Bupati Sekadau, Rupinus meresmikan gereja di perbatasan Kabupaten Sekadau - Ketapang, Dusun Ensayang, Desa Karang Betung, Kecamatan Nanga Mahap.

Bupati beserta rombongan, harus mengendarai sepeda motor selama kurang lebih 2 jam dari pusat paroki Nanga Mahap menuju Dusun  Ensayang. Dusun ini merupakan salah satu daerah yang letaknya paling jauh di kecamatan tersebut.

Kedatangan Rupinus dan Uskup Sanggau, disambut antusias oleh warga, diiringi tarian Dayak dan prosesi adat.  Peresmian gereja Katolik dihadiri sekitar 600 umat Katolik Santo Gabriel ini, ditandai dengan pembukaan tirai plang gereja dan pengguntingan pita oleh bupati.
Pembangunan tersebut, dimulai pada tahun 2001.

Sedikitnya tercatat 200 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 800-an jiwa umat Katolik Ensayang. Sumber dana pembangunan bersumber dari swadaya umat, pemerintah dan para donatur.

Bupati Sekadau, Rupinus mengharapkan peresmian Gereja Santo Gabriel ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh umat. Selain untuk ibadah, juga dapat digunakan untuk kegiatan rohani lainnya.

Dia meminta warga memelihara bangunan suci itu. "Karena membangun itu mudah, tetapi untuk merawatnya tidaklah mudah. Untuk itu diperlukan kerja sama menjadikan gereja ini sebagai tempat yang sakral untuk berdoa," pesan Rupinus.

Menurutnya, pemerintah sangat mendukung kegiatan yang bersifat pembinaan kerohanian umat.

Sementara itu, Uskup Sanggau Mgr. Yulius Mencucini, CP meminta umat bersyukur atas pembangunan rumah ibadah ini.
“Kehadiran, anggota DPRD dan SKPD merupakan salah satu bentuk dukungan dan motivasi dalam pembinaan iman umat," ujar Uskup asal Italia ini. (akh/and/sut)