Panitia PGD Sekadau Gelar Puluhan Lomba

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 1127

Panitia PGD Sekadau  Gelar Puluhan Lomba
Lomba tari tradisional Dayak saat PGD ke IV Kabupaten Sekadau, di Betang Youth Center, Selasa (26/7). (akhmal setiadi musran)
SEKADAU, SP-  Pekan Gawai Dayak (PGD) ke VII Kabupaten Sekadau, menjadi ajang bagi para muda-mudi untuk menampilkan kreasinya. Setidaknya, perhelatan rutin tahunan ini, memberi wadah bagi kalangan muda untuk unjuk kebolehan melalui 21 perlombaan yang diselenggarakan.
  
PGD yang dipusatkan di Betang Youth Centre, Jalan Patimura, kawasan Pasar Baru, Selasa (26/7), tampak meriah. Sebanyak 131 orang yang sebagian besar adalah kaum muda, menampilkan berbagai kreativitasnya baik di bidang budaya maupun kesenian.


Sekretaris panitia PGD, Drianus Saban mengatakan, beragam perlombaan di antaranya Bujang Dara Gawai, melukis perisai, sumpit, pangkak gasing, menumbuk padi dan lainnya, diikuti sebagian besar anak muda dari seluruh kecamatan.

“Setiap sanggar dan paguyuban menampilkan kreasi. Peminatnya rata-rata para remaja. Menurut saya ini sangat bagus untuk mengarahkan kaum muda ke hal positif,” katanya.

Dia mengatakan, perlombaan ini memacu generasi muda untuk mengeksplorasi budaya asli Dayak lebih luas lagi. “Gawai ini momen yang sangat penting bagi warga Dayak. Mengeksplor kebudayaan dan juga sebagai wadah unjuk diri pemuda,” ujarnya.

Selain berbagai perlombaan, PGD juga menggelar stan yang menyajikan beraneka ragam hasil kerajinan tangan khas Dayak. Bahkan beberapa kabupaten lain, Kapusa Hulu, Sanggau, dan Sintang, ikut mendirikan stan untuk menyemarakkan PGD. “Jumlahnya sekitar 100 stan yang disediakan,” kata Saban.

Dia mengajak seluruh warga untuk datang menyaksikan rangkaian kegiatan PGD ini. “Gawai ini terbuka untuk umum. Jadi bukan khusus warga Dayak saja. Tapi semua boleh datang bahkan kita sangat mengharapkan kehadiran semuanya,” pungkasnya. (akh/and/sut)