Sabtu, 21 September 2019


YBL Sekadau Hilir Ikut Andil dalam Pembangunan

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1184
YBL Sekadau Hilir  Ikut Andil dalam Pembangunan

Ruas jalan menuju pemakaman (SUARA PEMRED/ akhmal setiadi musran).

SEKADAU, SP- Yayasan Bhakti Luhur  (YBL) Sekadau Hilir, merupakan sebuah lembaga kemasyarakatan  yang berasal dari perkumpulan masyarakat Tionghoa. Organisasi ini dikenal di bidang sosial,  seperti pemakaman dan pemadam kebakaran,  sekaligus ikut mendorong pembangunan di Kabupaten Sekadau.

Dalam aktivitas sosialnya, yayasan ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat. Bahkan, turut aktif  dalam program pemerintah untuk terus mendukung upaya tata pembangunan di kota Sekadau.

Baru-baru ini, YBL membangun tempat pemakaman,  diperuntukkan bagi warga khususnya masyarakat Tionghoa Sekadau. Pemerintah setempat, memberikan apresiasi atas gerakan sosial ini melalui pembangunan jalan menuju pekuburan tersebut. Pembangunan jalan pun turut dirasakan manfaatnya bagi warga sekitar lokasi pemakaman. Pasalnya, sebelum jalan ini dibuat, akses warga terbilang kurang baik.

"Kami terima kasih kepada Pemda yang telah membangun jalan ini, dulu jalan ini adalah jalan tanah dan ukurannya sangat sempit sehingga menjadi kendala," ujar Sekretaris YBL, Julianto, Senin (15/8).


Pemkab melalui Bidang Cipta Karya membangun jalan menuju tempat pemakaman di Jalan Merdeka Barat KM II gang Bhakti Luhur sepanjang 190 meter dengan lebar empat meter. Ketebalannya mencapai 15 cm dengan anggaran Rp 150 juta.
 
"Karena jalan ini selain akses menuju pemakaman Tionghoa, di sekitarnya ada juga perumahan warga. Jadi secara otomatis warga juga merasa terbantu dengan mulusnya jalan itu," ungkapnya.


Ke depan, dia berharap yayasannya bisa memiliki  mobil jenazah. "Entah dari swadaya atau bantuan pemerintah. Karena kemarin kita pernah diskusi dengan pemerintah melalui bagian kesos  tentang mobil jenazah yayasan. Memang ada lampu hijau dan tahun ini akan ada pengajuannya," jelasnya.

Menurutnya, keberadaan mobil tersebut sangat membantu terutama dalam proses pemakaman. (akh/and/sut)