Pusat Belanja Tertua di Sekadau Terbakar

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 1546

Pusat Belanja Tertua di Sekadau Terbakar
Swalayan Bintang Mitra dan Hotel Miaga di Jalan Flamboyan, Kabupaten Sekadau, hangus dilahap si jago merah, Rabu (17/8) sore. SUARA PEMRED/ AKHMAL SETIADI MUSRAN
  SEKADAU, SP – Swalayan Bintang Mitra, sebuah pusat perbelanjaan tertua di Kabupaten Sekadau,  hangus terbakar, Rabu (17/8) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kebakaran diduga akibat arus pendek listrik.
Buyung, seorang saksi mata menceritakan, kobaran api awalnya terlihat dari sebuah dek Swalayan Bintang Mitra di Jalan Flamboyan, Sekadau kota.

“Awalnya masih kecil. Tapi lama-kelamaan, api mulai membesar,” ujarnya di lokasi kejadian.

Lambannya tim pemadaman kebakaran tiba di lokasi mengakibatkan api menjalar ke bangunan lain di sekitar swalayan. “Warga sekitar tak dapat berbuat banyak, karena banyak barang dagangan yang mudah terbakar,” katanya.

Selain itu, sejumlah karyawan swalayan terlihat berhamburan menyelamatkan diri dari jilatan api. Tak hanya swalayan, api juga menghanguskan Hotel Miaga dan tiga ruko di sekitar lokasi kebakaran.

Selang satu jam  kemudian,  barulah tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sekadau dan Yayasan  Bhakti Luhur, tiba di lokasi kejadian.

“Kita memang sedikit terlambat, karena personil sedang mengikuti upacara penurunan bendera di kantor bupati,” terang

Kepala Pelaksana BPBD Sekadau, Akhmad Suryadi.
Sementara itu, jarak antara posko pemadam dan kantor bupati, cukup jauh, yakni sekitar 9 kilometer.

Mengetahui kebakaran tersebut, Bupati Rupinus langsung meluncur ke lokasi. “Saya dapat informasi sesaat setelah apel sore. Kita berharap,  api tidak merambat ke bangunan lainnya,” kata Rupinus.

Kapolres Sekadau, AKBP Muslikhun menjelaskan, pihaknya saat ini fokus melakukan pengamanan di sekitar lokasi.  “Untuk penyebabnya, belum bisa kita pastikan. Api sampai saat ini masih belum padam. Esok kita lakukan olah TKP,” terangnya.

Hingga berita ini diturunkan, petugas pemadam kebakaran masih berjibaku dengan kobaran api yang menjilati sejumlah bangunan di sekitar Swalayan Bintang Mitra yang sudah rata dengan tanah. (akh/bob/pat/sut)