BPBD Sekadau Sebutkan Wilayah Potensi Terjadi Bencana

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 836

BPBD Sekadau Sebutkan Wilayah Potensi Terjadi Bencana
Ilustrasi
SEKADAU, SP- Pemkab Sekadau  menyatakan, beberapa instansi terkait sudah dalam posisi siap menghadapi momentum akhir tahun ini. "Penanganan dan persiapan Natal dan tahun baru, BPBD siap. Dan Dinas Perindakop UKM sudah mulai melakukan pemantauan sembako dan kecukupannya," kata Ahmad Suryadi,  Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau mewakili amanat Bupati Sekadau saat rakor di Aula Mapolres setempat, Jumat (16/12). 

Ahmad mengungkapkan saat ini untuk jalan di lintas kabupaten yang mengalami kerusakan sudah dalam perbaikan.

Mengenai potensi bencana alam, Ahmad menjelaskan, adanya kemungkinan terjadi di jalur wilayah Selatan. 

Hal ini disampaikannya  merujuk data BMKG,  yang menyatakan pada bulan Desember 2016 dan Januari 2017 curah hujan cukup tinggi. Sedangkan potensi banjir merata di kecamatan dan yang rentan banjir adalah Kecamatan Sekadau Hulu,  Nanga Taman dan Nanga Mahap.

"Kecamatan Nanga Mahap rentan akan banjir bandang, dan prediksi BMKG akan terjadi banjir bandang di Kecamatan Nanga Mahap. Sedangkan Kecamatan Nanga Taman rentan adanya longsor bukit yang menyebabkan banjir bandang seperti yang terjadi di Dusun Nuak Desa Rirang Jati beberapa waktu lalu," paparnya.

Menghadapi hal tersebut, Ahmad menyatakan untuk di kecamatan-kecamatan akan diperkuat personel tambahan, baik Pol PP maupun BPBD untuk mengawasi peredaran barang serta potensi bencana di daerah.

"Demikian juga medis, dengan adanya kesiapan RSUD dan puskesmas-puskesmas di kecamatan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat," terang mantan Ketua PD Muhamadiyah Kabupaten Sekadau itu. ?(akh/ind)