Selasa, 24 September 2019


Polres Sekadau Amankan Ratusan Batang Kayu Tanpa Dokumen

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1491
Polres Sekadau Amankan Ratusan Batang Kayu Tanpa Dokumen

Barang bukti kayu ilegal. (SP/Ist)

SEKADAU, SP - Satuan Reserse Kriminal Polres Sekadau mengamankan 150 batang kayu tak berdokumen sah dari truk di Jalan Sekadau–Sanggau, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau. Tak hanya itu, polisi juga mengamankan BBM jenis solar yang diduga disimpan atau ditimbun oleh oknum spekulan.

“Kayu-kayu itu jenis Bengkirai, Meranti, Kruing, Kladan. Kayu-kayu itu tanpa dilengkapi dokumen yang sah dan dibawa dari Melawi ke Sanggau,” ujar Kasat Reskrim Polres Sekadau, Iptu Muhammad Resky Rizal.


Dia mengungkapkan pihaknya telah mengamankan truk bermuatan kayu yang dikemudikan Wahyudi. Kayu-kayu tersebut di antaranya 100 batang kayu olahan 5x10 sentimeter dan  50 batang kayu ukuran 4x8 sentimeter.

Selain itu, polisi juga mengamankan 10 drum dan beberapa jeriken yang diduga berisi solar subsidi di Simpang Kayu Lapis, Kecamatan Sekadau Hilir.

Resky mengatakan, pihaknya telah menelaah lebih jauh apalagi berkenaan dengan kenaikan harga BBM terutama non subsidi pada awal tahun ini.

“Penimbunan oleh spekulan-spekulan ini diduga untuk memanfaatkan momen kelangkaan BBM agar harganya naik. Jadi ketika terjadi kenaikan BBM, maka akan dijual lagi untuk mengambil keuntungan,”
ungkapnya.

Resky menegaskan satu orang telah diamankan dan berdasarkan penyelidikan sementara,  pelaku membeli BBM di salah satu SPBU dan dibawa ke Simpang Kayu Lapis.

“Nanti yang bersangkutan akan dikenakan tindak pidana Migas karena terkait penyimpanan, penimbunan dan perniagaan BBM. Kami masih memeriksa lebih lanjut, baik itu kayu dan juga BBM,” pungkasnya. (akh/bah)